Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 15 Januari 2022

Lanal Aru Peringati Hari Dharma Samudra ke - 60


Kepulauan Aru, SNN.com - Memperingati hari Dharma Samudra ke - 60 tanggal 15 Januari 2022,  Pangkalan TNI AL (Lanal) Aru dibawah komando Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr(Hanla)., M.M menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di lapangan apel Arafuru Mako Lanal Aru, Dusun Durjela, Kecamatan  Pulau - pulau Aru, 

Bertindak selaku Komandan Upacara: Danden Pomal Lanal Aru, Kapten Laut (PM) Teguh Wasono, S.H, Perwira upacara: Dan kal Pulau Trangan III-9-6 Lanal Aru, Lettu Laut (P) Edi Dwi Widada.

Bupati Kepulauan Aru, dr Johan Gonga selaku Inspektur Upacara saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. menegaskan, momentum peringatan hari Dharma Samudra kali ini kiranya memacu kita untuk menghayati meresapi dan meneladani nilai - nilai patriotisme, heroisme serta kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pejuang - pejuang  yang telah diwariskan oleh para pejuang-pejuang samudera dalam pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara Indonesia tercinta.

"Meskipun tantangan yang kita hadapi hari ini tidak persis sama dengan masa yang lalu, namun prinsip dan nllal-nilai kepahlawanan tidak akan pernah berubah, apapun tantangan yang kita hadapi sekarang dan yang akan datang. Kapanpun tugas Negara memanggil, akan kita pertaruhkan jiwa dan raga diba wah panji merah putih," tandas bupati meniru pembicaraan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Lanjut, selaras dengan semangat “Jalesveva Jayamahe", justru di laut kita jaya, "Saya berharap agar setiap peringatan hari dharma samudera dapat menginspirasi Baangsa Indonesia untuk terus membangun dan membangkitkan kembali kejayaan sebagai bangsa pelaut, bangsa yang irama nafasnya seiring dengan irama gelombang samudera," tandasnya lagi.


Lebih lanjut melalui peringatan hari dharma samudera tahun 2022, marilah kita berdoa dan memohon. semoga keikhlasan dan pengorbanan para pahlawan samudera mendapatkan balasan dengan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

 "Sedangkan bagi kita semua generasi penerus. semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan petunjuk dan perlindungan- kepada kita semua dalam melanjutkan dharma bhakti kepada TNI Angkatan laut, TNI, bangsa dan Negara Kesatuan Repubuk |ndonesia yang sangat kita cintai bersama. Sekian dan terima kasih, JALESVEVA JAYAMAHE," tutup bupati Johan Gonga.

Sementara pantauan sorot nuswantoronews.com, upacara yang diselenggarakan secara sederhana karena pandemi Covid - 19 berlangsung dengan aman, lancar dan penuh hikmat.


Usai upacara, berbagai atraksi dilakukan untuk menghibur para tamu undangan. Atraksi yang dilakukan diantaranya Drum Band siswa- siswi SMA Yos Soedarso Dobo, pembacaan Puisi dan tarian kolosal, Tarian Jalasenastri,  Tarian oji kora man-man, Pencak silat, dan Yospan Papua.

Selanjutnya digelar upacara tabur bunga di laut Arafura dengan menggunakan KRI Tatihu

Reporter : Nus Yerusa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"