Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 08 April 2022

Pemerintah Kabupaten Tuban Memberikan Intensif Kepada 8.550 Guru di TPQ Tuban


Tuban, SNN.com - Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE bersama Wakil Bupati Tuban H.Riyadi, SH melaksanakan Safari Ramadan 1443 Hijriyah. Hari pertama, Safari Ramadan dilaksanakan di Kecamatan Jatirogo tepatnya di Desa Jatiklabang, dan Kecamatan Kenduruan di Desa Sidomukti area Pasar Rakyat Kenduruan.

Hadir pada kegiatan ini Forkopimda, Sekda, Staf Ahli, Asisten dan seluruh Pimpinan OPD serta beberapa Pejabat Instansi Vertikal dan Perbankan. Dalam kegiatan Safari Ramadan perdana ini dilaksanakan pula penyaluran berbagai macam bantuan dan penghargaan dari Pemkab Tuban. Salah satunya penyaluran insentif untuk guru TPQ. 

Saat menyerahkan insentif kepada guru Taman Pendidikan Al-Qur’an ( TPQ ) di dua Kecamatan tersebut. Mas Bupati menyampaikan, Pemkab Tuban telah melakukan validasi data terkait jumlah pasti guru TPQ yang berhak menerima insentif dari Pemkab. Saat ini masih tercatat ada 8.550 guru TPQ dari 1355 Lembaga di Kabupaten Tuban yang berhak menerima insentif.“ Namun setelah dilakukan survei dan validasi, jumlah guru TPQ Tuban mencapai 10 ribu,” paparnya.

Atas hal tersebut, Pemkab akan terus berusaha untuk meningkatkan capaian jumlah guru yang dapat menerima insentif dan merata hingga nantinya pada jumlah 10 ribu. Ia menegaskan, butuh kekuatan bersama untuk bisa mewujudkannya. Mas Bupati juga berpesan agar jangan melihat jumlah dari nilai nominal, tetapi lebih pada bentuk perhatian Pemkab kepada Guru TPQ. “ Terima kasih atas kesabaran bapak ibu. Njenengan merupakan pondasi terkuat Pemkab Tuban dalam mencetak generasi berakhlak dan beriman juga berkepribadian baik,” tuturnya.


Mas Bupati juga meminta para guru agar tak henti -  hentinya menyampaikan ilmu kepada para santri tentang ajaran Al-Qur'an yang di harapkan bisa di aplikasikan juga di kehidupan sehari -.hari. “ Apresiasi tertinggi ini kami berikan untuk para pencetak generasi berakhlak,” tandasnya.

Adapun dalam Safari Ramadhan perdana ini, insentif yang di berikan kepada guru TPQ di Kecamatan Jatirogo sebanyak 356 orang dari 65 Lembaga TPQ. Sedangkan di Kecamatan Kenduruan sebanyak 252 orang dari 49 Lembaga. Insentif di berikan tiga bulan sekali sebesar Rp 600 ribu atau Rp 200 per bulan.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian ( Diskominfotiksan ) Tuban Arif Handoyo menambahkan, selain memberikan perhatian penuh terhadap guru - guru TPQ, Safari Ramadhan di era Bupati Aditya Halindra Faridzky dan Wakil Bupati Riyadi ini di gelar di setiap Kecamatan. Saban kegiatan dilaksanakan di dua Kecamatan, satu Kecamatan sebagai lokasi utama dan satu Kecamatan lagi sebagai pendamping.

‘’ Kecamatan yang di jadikan lokasi utama di pilih yang memiliki potensi untuk di kembangkan ekonominya. Seperti di Kecamatan Kenduruan, lokasinya di pilih di pasar Kenduruan Rakyat Kenduruan. Lokasi pasar ini di pilih karena masih memiliki potensi untuk bisa di kembangkan,’’ tutupnya. (Agus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"