Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 14 April 2022

Reses Fiktif Tahun 2021, Diduga Dilakukan Oknum Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo


Probolinggo, SNN.com - Peran serta aktif masyarakat  dalam hal melakukan pengawasan terhadap praktek praktek penyelenggaraan pemerintah dan pengelolaan keuangan pemerintah menjadi instrumen penting dalam rangka mewujudkan Pemerintahan Yang Baik (good governance) Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Senin, 11-04-2022.

Oleh karena itu sebagai aktualisasi amanat kontitusi dan komitmen peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan pemerintah dan tata kelola keuangan yang baik.

Berdasarkan hasil investigasi dan penelusuran media, setelah menemui sumber atau warga yang enggan namanya di publikasikan, dirinya menjelaskan, bahwa menemukan adanya dugaan perbuatan melawan hukum yang diduga dilakukan oleh oknum anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dari Fraksi Partai Nasdem, Ibu, Zulfa Zakiyatul Fakhiroh, S.Pd.I  yang mengakibatkan potensi kerugian keuangan negara sebesar Rp. 23.475.000 (Dua Puluh Tiga Juta Empat Ratus Tujuh Puluh Lima, Ribu Rupiah)  dan masih ada tambahan tunjangan reses kurang lebih sebesar Rp. 12.000.000.(Dua Belas Juta Rupiah), Ironisnya,  diduga kegiatan reses tersebut tidak di laksanakan. "Ucapnya kepada media sorotnuswantoronews.

Sementara itu, masa reses merupakan kegiatan anggota dewan saat bekerja di luar gedung. Hal ini bertujuan untuk menjumpai konstituen di daerah pemilihan masing-masing. Pelaksanaan tugas reses ini guna menjaring, menampung, serta melaksanakan fungsi pengawasan yang juga dikenal sebagai kunjungan kerja. 

Kunjungan kerja yang dilakukan oleh anggota DPRD ini dapat juga dilaksanakan secara perorangan maupun secara berkelompok. Bukan tanpa anggaran, setiap anggota dewan memiliki dana reses yang akan digunakan dalam menunjang kegiatannya di  luar gedung dewan.

"Dana reses ini untuk kegiatan menyerap aspirasi masyarakat pada dapil masing-masing, "Pungkas warga yang enggan namanya di publikasikan.

Sementara Media sorotnuswantoronews menghubungi ibu Zulfa zakiyatul fakhiroh, lewat pesan singkat accuont jejaring sosial Whatstapp untuk klarifikasi kebenaran informasi yang di sampaikan warga terhadap adanya dugaan Reses yang di mulai Bulan Februari  tahun 2021, Ibu zulfa selaku Anggota Dprd Probolinggo komisi satu, Fraksi Partai Nasdem diduga tidak melaksanakan reses, sampai berita ini di terbitkan ibu Zulfa tidak menjawab klarifikasi dari awak media.

Reporter  : Arifin
Editor       : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"