Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 18 Agustus 2022

Rayakan Malam Resepsi Kenegaraan, Ini Pesan Bupati Johan Gonga


Kepulauan Aru, SNN.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Aru merayakan Malam Resepsi Kenegaraan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke - 77 di Aula Cendrawasih Dobo.

Bupati Johan Gonga dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Sorak Gempita terpancar dan semangat Nawacita Pembangunan Nasional terus merestorasi Pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang terus melahirkan dentuman irama suka, dalam lafasan doa di seantero bumi Pertiwi atas anugerah Tuhan untuk 77 Tahun kemerdekaan Republik Indonesia. 

"Letupan kemeriahan itu terasa dalam balutan pernak- pernik yang menghiasi hampir seluruh jalan, kantor dan lingkungan masyarakat, hal ini pertanda bahwa Pemerintah beserta Masyarakat, sungguh Menyadari sepenuhnya dan ikut menentukan arah kehidupan, menentukan cita-cita, serta menentukan cara mencapai cita-citanya, dalam dimensi tantangan yang merongrong ketahanan hidup berbangsa dan bernegara dewasa ini," ucapnya.

Dikatakan, secara Nasional, tema peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Negara RI tahun ini adalah "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. 

"Ini bukanlah sebuah slogan belaka, tetapi sebua amanah, pergerakan seperti halnya digelorakan oleh Bung Karno, Bapak Bangsa dan Poklamator Kemerdekaan, bahwa: "Pergerakan kita janganlah pergerakan yang kecil-kecilan. Pergerakan kita itu,  haruslah pada hakekatnya, suatu pergerakan yang ingin mengubah sama sekali sifatnya masyarakat, suatu pergerakan yang ingin menjebol kesakitan-kesakitan masyarakat, sampai kesulur-sulurnya dan ke akar-akarnya," ungkap Gonga.

Dirinya menambahkan, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat sangat relevan dengan kondisi Indonesia dalam masa pemulihan dari Covid-19. 

Hal ini, sambung Gonga, dimaknai oleh kita semua sebagai elemen bangsa, untuk terus bergerak bersama dan bergotong royong, untuk mewujudkan harapan di tengah keterpurukan mewujudkan masyarakat Indonesia, Maluku, dan Jargaria, yang bersinergi bersama TNI/POLRI dan masyarakat, untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor, ditengah kecemasan sosial, hingga tekanan ekonomi yang berat, yang dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. 
 
"Tentunya dapat kita raih melalui kerja keras, tekad dan semangat yang tidak boleh mengenal lelah dan putus asa, juga yang teramat penting adalah kebersamaan seluruh komponen masyarakat di daerah ini," ungkapnya

Lanjut dia menghimbau agar perkuat partisipasi mayarakat dalam  seluruh tahapan pembangunan, yang dilandasi dengan prinsip kekeluargaan, menjunjung tinggi norma, moral, dan etika, jauh dari politik Identitas adu domba, Politisasi beragama dan bentuk lainnya yang merusak falsafah hidup Bhineka Tungga Ika, yang berujung pada perpecahan belaka.

Dia juga menghibau kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru untuk tetap bersatu, rukun, bergotong royong dalam falsafah hidup orang adik kakak, Sita Kaka Waike, Sita Eka Tu serta senantiasa hidup dalam damai, berperan dalam menjaga Kamtibmas bermasyarakat. 

"Perbedaan bukan untuk terpecah belah, boleh berbeda tetapi dalam satu tujuan, dengan nuansa kerukunan, kebersamaan, dan kekeluargaan," kata Gonga. 

Lembih lanjut dia berharap kepada diseluruh jajaran aparatur Pemerintah, termasuk didalamnya Aparatur Sipil Negara, anggota TNI, Polri, Kecamatan, Lurah Desa dan Perangkat Desa, Bupati Gonga  menghimbau untuk memposisikan tugas-tugas, sesuai dengan kedudukannya, menumbuhkan profesionalitasnya, dan senantiasa menjaga netralitas, mengawal seluruh proses tahapan pembangunan, mendorong partisipasi masyarakat dalam mewujudkan Indonesia yang pulih, bangkit dari keterpurukan dan bersiap, menatap masa depan, yang telah disediakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Akhir sambutannya, Bupati dua periode itu menyampaikan penghargaan dan ucapkan terima kasih, kepada ke 44 anak-anakku Paskibra, yang bertugas di Kabupaten Kepulauan Aru tahun 2022, dimana telah melaksanakan tugas mulia ini dengan baik.

"Semoga apa yang kalian persembahkan untuk Ibu pertiwi dapat di berkahi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa," ucapnya.

Ucapan terima kasih sampaikan pula  kepada Ketua Panitia, pelaksana peringatan HUT Republik Indonesia ke- 77 Kabupaten Kepulauan Aru, bersama semua panitia yang telah bekerja keras, mendedikasikan karya untuk bangsa ini.

"Semoga semuanya menjadi amal ibadah kita yang terbaik untuk Nusa dan Bangsa," ungkapnya. 

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"