Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 05 Juni 2018

Mantapkan Kordinasi, UPP Kelas II Dobo Gelar Apel Angkutan Laut Lebaran

KEPULAUAN ARU, Sorotnuswantoronews - Guna memantapkan koordinasi antar petugas, instansi terkait, penyedia jasa dan asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran, Kepala UPP Kelas II Dobo, W Parihala, S.Sos bersama Polres Kepulauan Aru menggelar Apel Kesiapan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2018 di Pelabuhan Yos Sudarso Dobo, Senin (4/6).

Bertindak selaku inspektur upacara Wakapolres Kepulauan Aru Kompol Asmar Sena, Ikut serta 1 regu pasukan TNI AL, 1 regu pasukan Pol Airut, 1 regu pasukan Polisi KP3 Dobo, 1 regu pasukan KPLP, 1 regu Dinas Perhubungan, 1 regu pasukan Jasa raharja, 1 regu PT. Pelni dobo, 1 regu pasukan Sat-Pol PP dan 1 regu Dinas Kesehatan karangtina Dobo.

Sambutan Menteri Perhubungan yang dibacakan Wakapolres intinya menegaskan, "Melalui kegiatan Apel Angkutan Laut Lebaran Tahun 2018 ini kita bisa memantapkan koordinasi antar stakeholder sehingga diharapkan masyarakat dapat melakukan mudik dengan lancar, aman, selamat, tertib dan nyaman,

"Pastikan agar penumpang yang naik ke kapal telah memiliki tiket resmi dan jangan sekali kali melakukan pungli terhadap para pemudik karena saya tidak akan pernah menolerir tindakan-tindakan seperti itu terjadi di institusi ini," tegas Menhub.

Menhub juga menghimbau seluruh jajaran Perhubungan Laut untuk melayani para pemudik baik di pelabuhan, maupun di atas kapal laut selama dalam pelayarannya.

Menhub berpesan kepada seluruh jajaran di Ditjen Hubla untuk melaksanakan tugas tersebut dengan rasa tanggung jawab, memberikan kontribusi yang optimal serta bekerja dengan ikhlas dan sungguh-sungguh dalam melaksanakan pengawasan terhadap keselamatan pelayaran demi mensukseskan angkutan lebaran tahun 2018.

Sementara Kepala UPP Kelas II Dobo W.Parihala, S.Sos yang di temui Sorot Nuswantoro News di ruang kerjanya usai apel mengatakan,
 Apel kesiapan angkutan laut menyongsong lebaran sudah dilaksanakan tanggal 31 Mei 2018 oleh Kemenhub. "Apa yang disampaikan lewat sambutannya sudah kami laksanakan melalui berbagai kebijakan untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpang.

Parihala menambahkan, untuk menjamin keselamatan dalam pelaksanaan angkutan lebaran 2018, saya sudah menginstruksikan kepada staf untuk melaksanakan uji petik kelayakan kapal  penumpang milik masyarakat  yang melayani angkutan laut lebaaran 2018.

"Hal ini kami lakukan untuk memastikan terpenuhinya standar keselamatan pelayaran sehingga seluruh moda kapal dapat melayani para penumpang pada Angkutan Laut Lebaran tahun ini dengan baik. "Ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Apel Kesiapan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2018 ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi, sinergitas untuk mengantisipasi ancaman dan teror serta aksi yang dapat mengganggu keamanan, keselamatan dan kelancaran pelayanan menyongsong lebaran nanti.

"Saya juga menegaskan agar petugas kami dapat memastikan penumpang yang naik ke kapal telah memiliki tiket resmi dan jangan sekali kali melakukan pungli terhadap para pemudik karena saya tidak akan pernah menolerir tindakan-tindakan seperti itu."Tegasnya.

Menutup pembicaraannya, Parihala menghimbau kepada para pemilik kapal berkapasitas 3 GT ke atas untuk mentaati aturan - aturan pelayaran dalam melakukan pelayaran tidak ada masalah.

"Dan bagi para pemudik baik antar daerah maupun antar pulau hendaklah berhati-hati.
Kalau memang tidak bisa jangan dipaksakan, karena Pemda telah menyediakan 5 buah kapal laut  bagi para pemudik lebaran 2018 secara gratis. " Ungkap Parihala

Reporter : Nus Yerusa
Editor     : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"