Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 03 Juni 2018

Desa Kalianyar Tempat Pembuangan Limbah Batu Bara

DEMAK, Sorotnuswantoronews - Limbah batu bara sangat berdampak sekali terhadap  lingkungan serta kesehatan manusia. Bau yang menyengat berpontensi sekali akan membuat sesak nafas dan kepala pusing yang berefek pada sumber penyakit.

Di Desa Kalianyar Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak Jawa Tengah, Jurnalis Sorot Nuswantoro news survey ke tempat penampungan limbah batubara yg keberadaan dilahan tanah persawahan milik Bapak Tukul tepat nya di pinggir jalan raya desa arah menuju ke Desa Karang Rowo Wonosalam kabupaten Demak yg bau nya sangat menyengat sekali saat  pengguna jalan melintas di tempat tersebut.

Kades H.Musta'in saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut kalau lahan persawahan Pak Tukul sementara ini betul di digunakan sebagai pembuangan limbah batu bara.

Sejak awal pak kades sudah mengingat warga nya untuk tidak menerima limbah batubara  baik untuk pengurugan pondasi rumah maupun untuk yang lainnya.

Pak kades beberapa kali sudah menyampaikan kepada warganya baik melalui pengajian dan  pertemuan lainnya namun tidak diindahkan, yang akhir nya ditindak lanjuti oleh Aparat Kepolisian dari Kanit Intel Polres Demak dengan anggota nya untuk diproses lebih lanjut.

Pengakuan dari pemilik lahan pada saat kami konfirmasi, beliau tidak pernah membeli limbah tersebut, namun sopir dam truk  yang kong kalikong dengan makelar Barang Bekas Berbahaya( B3B) dari bahan  limbah batu bara berinisial MH yang juga penduduk asli Kalianyar, yang sering kali menjual di rumah - rumah penduduk dg bervariasi kegunaan nya.

"Baik untuk penggurukan pondasi rumah, perbaikan jalan, maupun untuk penggurukan sawah. MH inilah aktor dibalik semua ini yang perlu ditindak tegas oleh aparat karena demi kepentingan saku pribadi dengan mengorbankan masyarakat sebagai korbannya. "Tambahnya.

Pak kades menghimbau kepada masyarat agar tidak lagi memasok limbah batu bara dalam bentuk apapun penggunaan nya, karena berdampak pada lingkungan dan kesehatan.

Reporter : Adhi
Editor   : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"