Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 01 Juni 2018

Merapi Malam Ini Erupsi Kembali

YOGYAKARTA, Sorotnuswantoronews - Gunung Merapi malam ini kembali mengalami erupsi. Erupsi terjadi pada pukul 20.24 WIB dengan amplitudo maximum 64 mm, ketinggian kolom asap mencapai 2.500 meter atau 2,5 kilometer. Namun, letusan tersebut lebih kecil dibanding pagi tadi pada pukul 08.20 WIB.

Sesuai data yang dirilis dari BPPTKG, kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam seismograf dengan Amax 64 mm dengan durasi 1,5 menit.

Dari pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), terpantau dengan citra satelit cuaca Himawari angin mengarah ke timur laut. Untuk itu, warga tetap tidak diperbolehkan beraktivitas di radius 3 kilometer. "Katanya.

Ia pun meminta kepada masyarakat diharap tetap tenang, dan jangan panik. "Untuk kalian yang bermukim di wilayah Barat Laut Merapi untuk menyiapkan diri terhadap hujan abu vulkanik dengan cara gunakan masker, kacamata, penutup kepala, jaket dan hindari aktivitas di luar ruangan dan kita bersama BMKG dan BPPTKG terus memantau perkembangan,” ujarnya.

Reporter : Paiman
Editor   : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"