Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Senin, 07 Juni 2021

Cangkruk Bareng, Menpakref Optimis Perekonomian Lamongan Kembali Bangkit


Lamongan, SNN.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno optimis bangkitnya sektor pariwista dan ekonomi kreatif akan sejalan dengan pemulihan ekonomi termasuk di Lamongan.

“Pulihnya sektor swasta dan ekonomi kreatif akan berjalan seirama dengan pemulihan ekonomi lamongan dan hingga awa timur,” ujarnya saat acara Cangkuk Bareng Yak Menteri secara Virtual pada (5/6).

Dalam Cangkruk Bareng Yak Menteri ini selain dihadiri oleh Bupati YES juga dihadiri oleh Ketua Umum OK OCE Ina Makmur Jawa Timur Joko Dwi Tanto, Ketua PKPRI Lamongan Siswo dan pelaku ekonomi kreatif lainnya beberapa diantaranya yakni Bumdes Mandiri Kendalifornia, Komunitas kreatif kopi dari biji juwet dan Handicraft.
Menpekraf menyebut bahwa penggunaan produk lokal menjadi bagian pemulihan sektor pariwistaa dan ekonomi kreatif.

“Sampai sekarang saya pakai sandal khas Lamongan mereknya KAROL (karya anak remaja lamongan. ini adalah bagian dari pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif yang personalize, customize, dan localize dan smaller in size,” tambahnya.


Menanggapi aspirasi  para pelaku UMKM yang hadir di acara tersebut, Menprakarf optimis bahwa perekonomian di Lamongan akan bangkit kembali. Kemenparekraf akan memberikan bantuan insentif pemerintah dan dana hibah pariwista yang akan bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Lamongan agar mempercepat pemulihan ekonomi. 

“Saya ingin Lamongan bangkit dan pulih. Tahun lalu ekonominya minus, mari kita buat tahun ini ekonominya plus dengan pogram program yang kongkrit dari kami yang menyetuh stakeholders. Kita harus berkolabrasi dengan semangat 3G Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama), Gaspol (garap semua potensi),” kata Sandiaga.

Bupati Yuhronur juga optimis bahwa perekonomian di Lamongana akan pulih kembali karena pemkab telah melalukan beberapa program salah satunya melalui gerakan #AyoBeliProdukLamongan.

“Kita juga melakukan program untuk kebangkitan UMKM ini membuat sebuah tagline #AyoBeliProdukLamongan. alhamdulillah kiat lakukan memfasilitasi umkm ini untuk terus bisa menjual barangnya baik secara online maupun offline,” jelas Yuhronur.


Dengan gerakan tersebut, Pemkab Lamongan berhasil membuat produk Lamongan masuk ke gerai penjualan modern dan membuat pemasaran secara online melalui LALA dan POL (Pasar Online Lamongan)
“Alhamdulillah juga kita bisa memfasilitasi produk UMKM untuk bisa terserap di pasar modern. Ada 16 produk yang lolos kurasi. Dan akan dilakaukan pembinaan selanjutnya,” katanya.

Untuk itu Bupati meminta dukung Kemenparekraf untuk memfasiltasi kebangkitan ekonomi kreatif, dukungan sumberdaya untuk Co Working Space dan  pengembangan nautical Sport dan Heritage Tourism. Agar perekonomian Lamongan dapat semakin berkembang.

Bupati juga memparkan bahwa Lamongan memiliki kekayaan alam, religi dan wisata yang berpotensi tinggi dalam peningkatan APD. Di anataranya pariwisata tematik sepertiTaman Mahoni Kendalifornia (Kendal For Indonesia) di tepiang sungai Bengawan Solo, Desa Kendal KecamatanSekaran, Nautical Tourism berupa Pantai Kutang, WisataBahari Lamongan (WBL), Maharani Zoo dan Goa, lokasit enggelambnya Van Der Wijk, serta Tanjung Kodok Beach Resort, dan Sport Tourism di Desa Tlemang Kecamatan Ngimbang dan Heritage Tourism di Desa Sendangrejo Kecamatan Ngimbang.

Reporter : Zaenal A
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"