Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Rabu, 23 Juni 2021

Tradisi Tontonan Wayang Kayu Di Punden Mbah Sambi Kendil


Nganjuk, SNN.com - Sedekah bumi atau bersih desa atau masyarakat sering menyebutnya nyadranan adalah sebuah tradisi dan ungkapan syukur masyarakat Dukuh Kedungceleng Desa Ketawang Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk atas panen yang melimpah (23/6/2021).

Di awali dengan Khatam Qur'an semalam suntuk di Punden Mbah Sambi Kendil acara berlanjut di pagi hari dengan membawa tumpengan. Warga dengan semangat menuju punden yang di kramatkan warga Kedungceleng yang masyarakat umum menyebutnya mbah sambi kendil .

Acara bersih desa juga di hadiri Kepala Desa Ketawang Iswantoro beserta perangkat. Babinkamtipmas dan babinsa serta tak lupa sekitaran masyarakat kedung celeng dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
 
"Kita akan selalu menjaga tradisi leluhur    karena ini merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang "ungkap Iswantoro. 


Warno selaku Kepala Dusun Kedung Celeng   juga membenarkan bahwa tradisi Nyadran dengan hiburan wayang kayu sudah menjadi keharusan karena memang udah ada turun temurun. Kita sebagai generasi muda harus bisa menjaga dan melestarikannya. 

"Pernah dulu karena suatu hal nyadran di tiadakan hiburan wayang kayu  masyrakat Dukuh Kedung Celeng banyak yang kesurupan entah itu penyebabnya apa tapi kenyatanya begityu di samping mitos rabo kliwon"ungak mbah sakijo selaku juru kunci punden.

Masyarakat berharap setelah melaksanakan hajatan bersih desa semua hajat bisa di mudahkan dan di kabulkan.

Reporter : Nardi
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"