Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Rabu, 16 Juni 2021

Kurangi Pengangguran Pemkot Gelar Probolinggo Job Fair 2021


Probolinggo, SNN.com - Pembukaan Probolinggo Job Fair (PJB) tahun 2021 di Kantor BLK Jalan Brantas,  disambut antusias oleh para pencari kerja di Kota probolinggo. Tahun ini ada 32 perusahaan yang bekerjasama dengan pemkot dalam PJB kali ini.  

Mewakili Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, Asisten Pemerintahan Gogol Sudjarwo membuka agenda PJB. Gogol menyadari bahwa pandemi Covid 19 telah memukul para pengusaha di Kota Probolinggo hingga melakukan efisiensi salah satunya menghentikan rekrutmen pekerja baru.

“Sejak tahun 2020 sampai saat ini dampak Covid 19 tidak hanya berpengaruh kepada sektor kesehatan saja melainkan berpengaruh juga terhadap sektor perekonomian dalam hal ini aktivitas perekonomian tentu membuat beberapa perusahaan melakukan efisiensi,” terang Gogol.

Untuk menjembatani kebutuhan angkatan kerja yang semakin meningkat dan mengurangi angka pengangguran, maka Pemerintah Kota Probolinggo melalui DPMPTSP Naker mengadakan Probolinggo Job Fair. Setelah tahun lalu absen, tahun 2021 ini DPM PTSP dan Tenaga Kerja gelar Job Fair dengan mengundang 32 perusahaan dengan pembatasan kuota sebanyak 1000 pencari kerja.

“Pada tahun ini memang jatahnya kuota nya 1000 tapi di dalam realitanya lebih dari 1000, tapi tetap kita terima, jadi yang lebih dari 1000 itu nanti kita terima langsung  lamarannya di kantor, nanti kita salurkan ke masing masing perusahaan,” terang Plt Kepala DPMPTSP dan Tenaga Kerja Fachtur Rosi.

Dengan tetap memprioritaskan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid 19, teknis acara Job Fair kali ini telah diatur oleh penyelenggara dengan membagi ke dalam 3 lokasi, yakni kantor BLK di Jalan Brantas, Museum Probolinggo jalan Suroyo dan Museum dr. Moh Saleh di Jalan dr. Moh Saleh. Tentunya, dengan pembagian waktu di setiap sesi.  


Salah satu perusahaan otomotif yang membuka lowongan kerja menyampaikan sedang membutuhkan banyak karyawan. “Yang dibutuhkan itu cukup banyak, kami tempatkan untuk sales mitra, jadi untuk penjualan mobilnya saja, kita butuh kira-kira 10 orang, 5 pria dan 5 wanita,” terang Glorian yang saat itu bertugas menjaga meja pendaftaran.

Sebagai bagian dari protokol kesehatan, kegiatan Job Fair hari ini hanya menerima formulir lamaran kerja saja, sementara untuk verifikasi dan wawancara lanjutan akan dilakukan di kantor perusahaan.

Semetara itu, Rudi, pelamar kerja yang datang di Probolinggo Job Fair Kantor BLK, mengaku sudah menyiapkan formulir lamaran untuk 3 perusahaan. ”Yang dilamar itu ya ada tiga, ada di Alfa, terus di GM sama Eratex,”  terang Rudi yang berharap melalui Probolinggo Job Fair ini dirinya bisa mendapatkan pekerjaan.

Selain Asisten Administrasi Pemerintahan, seremonial acara tersebut juga dihadiri perwakilan dari Kodim 0820, Polres Probolinggo Kota, Kejaksaan Negeri, Unit Kerja Keimigrasian, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

Adapun beberapa perusahaan yang berpartisipasi membuka lowongan kerja antara lain Bromo Tirta Lestari, Sumber Alfaria Trijaya, Cendana Music, FIF Group, Adira Finance, Indofood Sukses Makmur serta perusahan lainya dari Pasuruan, Sidoarjo dan Surabaya.

Reporter : Arini
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"