Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Jumat, 18 Juni 2021

Pemenuhan Hak Partisipasi Anak, Forum Anak Kabupaten Lamongan Bertemu Dengan Bupati


Lamongan, SNN.com - Pemerintah Kabupaten lamongan berkomitmen untuk memberikan iklim yang baik bagi tumbuh kembang anak-anak lamongan. 

Untuk itu, pada Kamis (17/6) Bupati bertemu dengan Forum Anak Kabupaten Lamongan di ruang kerjanya guna penyerapan aspirasi. Forum Anak Kabupaten Lamongan sendiri merupakan organisasi yang dibentuk dengan tujuan untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara Pemkab Lamongan dengan anak-anak di Lamongan dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

Sepuluh aspirasi yang disampaikan anak pada pertemuan tersebut adalah tentang sosialisasi batas usia perkawinan, khususnya pelajar. Juga usulan agar PPATBM (Program Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat) lebih aktif dan terealisasi dengan baik, meningkatkan pendidikan anak dengan tenaga yang memumpuni, menghimbau masyarakat memperhatikan kesehatan anak.
serta Pemkab lebih memperhatikan hak-hak anak dalam program sekolah (melibatkan anak secara aktif, hak bersuara di sekolah).


Lalu, menolak segala bentuk bullying dan diskriminasi anak, mengoptimalkan pembuatan serta fungsi KIA dan Akta Kelahiran, usul untuk lebih memperhatikan anak-anak jalanan agar bisa kembali bersekolah dan mendapatkan hak-haknya, membangun fasilitas umum yang ramah anak di setiap desa (taman desa, fasilitas olahraga), serta menfasilitasi minat dan bakat anak melalui kegiatan seni dan budaya.
Bupati akan menindaklanjuti aspirasi tersebut dengan menyampaikan persoalan tersebut pada pihak terkait.

Reporter : Zaenal A
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"