Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Kamis, 17 Juni 2021

Danlanal Aru Ikut Giat Bersih Pantai dan Laut


Kepulauan Aru, SNN.com - Komandan TNI AL (Danlanal) Kepulauan Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr(Hanla), M.M. menghadiri kegiatan gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) yang disinergikan dengan momentum CT Day (Coral Triangle Day) atau Hari Laut sedunia dan hari segitiga Terumbu Karang oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan di Dobo, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Aru, tepatnya Jalan Rabiajala RT.006/RW 004 (Sipur Pantai) Kelurahan Siwalima Kecamatan Pulau - pulau Aru, Kamis (17/6/2021).

Kehadiran orang nomor satu di Lanal Aru dalam giat itu merupakan wujud kepedulian TNI AL terhadap masalah pengelolaan sampah laut di bumi Jargaria daerah penghasil ikan terbesar se- Asia.

Untuk diketahui, permasalahan sampah laut di Kota Dobo, termasuk seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Aru sangat kompleks. 

Selain sampah yang berasal dari aktifitas warga yang berdomisili di Kota Dobo, sampah juga berasal dari kegiatan nelayan dari Pulau Jawa yang singgah di Kota Dobo. 

Hal ini diakui juga oleh Wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalrey dalam sambutannya pada kegiatan tersebut.

Sogalrey bahkan dalam sambutannya  sangat berharap ada kepedulian dari pemerintah pusat untuk memberikan dukungan bagi pengelohaan sampah di Kabupaten Kepulauan Aru.

"Lewat kegiatan ini, saya sangat berharap ada kepedulian dari pemerintah pusat untuk memberikan dukungan bagi pengelohaan sampah di Kabupaten Kepulauan Aru,"ucap Sogalrey.


Menurutnya, sampah plastik telah menjadi ancaman serius, tidak hanya mengancam ekosistm dan biota laut di wilayah Kepulauan Aru,  namun juga pada akhimya dapat mengancam kehidupan manusia yang mendiami bumi Jargaria Sakwarisa itu.

"Ya, kita sama - sama tahu bahwa, sampah plastik di laut dapat terurai menjadi mikroplastik yang akan dimakan oleh ikan atau biota laut lain, dan pada akhimya akan menimbutkan masalah kesehatan kepada manusia. Untuk itu, sampah laut khususnya sampah plastik harus dikelola dengan baik agar tidak bocor ke laut," ujar Sogalrey.

Reporter : Nus Yerusa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"