Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Jumat, 18 Juni 2021

Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Lamongan Diapresiasi Di Bidang Akademik


Lamongan, SNN.com - Kebangkitan ekonomi Lamongan membuat Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang kerap dipanggil Bupati YES diundang sebagai narasumber pada Airlangga Forum, Jumat (18/6).

Airlangga Forum merupakan program podcast interaktif yang menghadirkan narasumber bereputasi nasional maupun internasional dengan topik terkini, relevan untuk diperbincangkan. Disiarkan langsung secara daring dari Studi Media Digital atau Podcast Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (UNAIR).

Pada Podcast yang bertajuk Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Lamongan Yang Terintegrasi, Bupati YES mengungkapkan akselerasi-akselerasi yang dilakukannya untuk membangkitkan perekonomian Lamongan.

“Untuk mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lamongan dilakukan berbagai percepatan di berbagai bidang. Satu diantaranya yakni di bidang infrastruktur. Perbaikan perbaikan infrastruktur khususnya jalan akan mampu menggerakkan roda perekonomian. Infrastruktur lain seperti jaringan irigasi dan jalan usaha tani pun tak luput dari perbaikan-perbaikan. Selanjutnya pemulihan ekonomi juga dilakukan melalui penguatan UMKM,” jelas Bupati YES.


Beliau menambahkan Program #ayobeliproduklamongan yang juga bekerjasama dengan retail modern akan membuat produk Lamongan dikenal oleh masyarakat. Kerjasama dengan pihak ketiga yakni Bank Jatim melalui aplikasi Pasar Online Lamongan dan Lapak Lamongan juga dilakukan.
Pengembangan bidang pariwisata melalui taman-taman tematik yang dikelola oleh BUMDes yang memanfaatkan sumberdaya-sumberdaya tiap wilayah juga diharapkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar.

Bupati YES menambahkan bahwa Kabupaten Lamongan merupakan Kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai banyak surplus di bidang pertanian. Dari jumlah produksi 1.170.000 ton beras, 507.000 ton diantaranya surplus begiru pula dengan produksi jagung, ikan, dan daging. Sehingga 32% sampai dengan 35% PDRM Kabupaten Lamongan disumbang oleh sektor pertanian.

Reporter : Zaenal A
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"