Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Rabu, 15 Desember 2021

Bupati Tuban Terima Penghargaan Implementasi Program Smart City


Tuban, SNN.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., menerima penghargaan Implementasi Program Smart City kategori Smart Governance menuju Smart City dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate, Selasa ( 14/12/2021 ). Penyerahan penghargaan dilakukan bersamaan dengan kegiatan Indonesia Smart City Conference, Forum Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Pameran Smart City, di ICE BSD Tangerang.

Dalam acara itu, Menteri Johnny didampingi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan; Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, Ismail; dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Anang Latif.

Dalam sambutannya, Menkominfo, Johnny G. Plate mengungkapkan pengembangan smart city atau kota cerdas yang di inisasi melalui Gerakan Menuju 100 Smart City harus juga mendukung berbagai program prioritas lainnya untuk bermigrasi ke ruang digital. Pengembangan smart city yang optimal, khususnya dalam mendukung industri pariwisata memerlukan berbagai prasarana penunjang yang harus di penuhi, termasuk ketersediaan jaringan listrik, infrastruktur konektivitas, sarana transportasi yang dapat di andalkan hingga sumber daya manusia yang cakap.

“ Salah satu aspek penting dalam mengembangkan smart city adalah dengan memiliki kemampuan di bidang digital yang mumpuni. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo mengembangkan kapabilitas, pengetahuan, keahlian digital salah satunya melalui Program Digital Leadership Academy ( DLA ) tahun 2021,” terangnya. Menteri Johnny mengajak  pimpinan Pemerintah Daerah baik dari tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk mengambil bagian dalam program DLA.

Guna meningkatkan upaya pengembangan smart city, Menkominfo menekankan perlunya sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dan pihak - pihak terkait lainnya. Mencakup lintas Kementerian, Lembaga Negara, Negara - Negara sahabat yang mana perwakilannya pun turut hadir dalam kesempatan ini demi pengembangan smart city yang lebih akseleratif di Indonesia.

Sementara itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., menyampaikan terima atas penghargaan yang diberikan. Capaian ini menjadi motivasi bagi Pemkab Tuban guna mempercepat pelaksanaan smart city Kabupaten Tuban. “ Sejalan dengan salah satu misi Pemkab Tuban, yaitu Memantapkan Tata Kelola Pemerintah Daerah yang Baik, Profesional, Transparan, Akuntabel dan Sistem Pengawasan yang Efektif,” paparnya.


Mas Bupati Tuban menyatakan akan menindak lanjutinya dengan melakukan koordinasi lintas sektoral. Pemkab Tuban juga kan menguatkan kolaborasi antar OPD." Tidak ada lagi ego sektoral. Semuanya saling dukung dalam mewujudkan smart city,” tandasnya. Dengan di terapkannya konsep smart city di Kabupaten Tuban, di harapkan mampu mendukung Pemerintah dalam memberikan pelayanan publik lebih optimal dan mampu mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tuban.

Kepala Diskominfo Kabupaten Tuban, Arif Handoyo, SH., MH., mengatakan Diskominfo bersama OPD terkait tengah melengkapi data dukung terhadap penerapan smart city.

Dalam pengaplikasiannya, terdapat sejumlah item yang awalnya perlu  di kembangkan. Setelah dilakukan evaluasi pengembanganya harus terintegrasi dan  melibatkan banyak OPD.

Arif Handoyo menambahkan saat ini tengah diadakan pembahasan mengenai penyusunan regulasi sebagai payung hukum atas pelaksanaan Smart City di Kabupaten Tuban. " juga akan di susun petunjuk teknis pada tiap poin yang terkandung di dalamnya," tuturnya.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"