Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Jumat, 17 Desember 2021

Kader Posyandu Desa Tegalwatu Terima Honor dari Pemerintah Desa


Probolinggo, SNN.com - Memasuki Caturwulan terakhir tahun anggaran 2021 yakni Caturwulan ketiga, Pemerintah Desa Tegalwatu kembali mencairkan dan membagikan honor bagi Kader Posyandu Desa tegalwatu. Kali ini tim Kader Posyandu menerima honor untuk bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2021. Penerimaan honor Kader Posyandu Desa Tegalwatu memang tidak diterimakan setiap bulan namun diterimakan setiap Caturwulan yakni setiap tiga bulan sekali.

Tapi sebelum pembagian honorer di mulai pj. Tegalwatu Marwadi memberikan himbauan dan motifasi untuk seluruh kader supaya lebih giat dan bertanggung jawab atas tugasnya masing-masing. 

Pembagian honor kali ini diselenggarakan di Balai Desa Tegalwatu. pada hari jum'at tanggal 17 Desember 2021 pukul 09.00 WIB. Sebelumnya Pemdes memberikan undangan bagi Kader Posyandu guna hadir di Balai Desa Tegalwatu untuk menerima honor yang menjadi Hak mereka.

Honor Kader Posyandu diserahkan secara langsung oleh LPP Nur subairi Kepada para Kader Posyandu yang selalu tanggap dan sigap dalam membantu Pemerintah Desa untuk menangani permasalahan kesehatan yang ada di Masyarakat.

Pemerintah Desa Tegalwatu sampai saat ini memiliki 26 orang Kader Posyandu yang tersebar di seluruh penjuru Desa Tegalwatu. Kader Posyandu tersebut sengaja dipilih secara merata di tiap-tiap dusun agar dapat dengan mudah membantu kegiatan Posyandu maupun kegiatan lain yang menyangkut kesehatan masyarakat Desa Tegalwatu jika sewaktu-waktu diperlukan. Desa Sadang memiliki 5 unit Pos Posyandu yang masing-masing memiliki 5 orang Kader.

Selama masa Pandemic ini, tenaga Kader Posyandu memang tidak melakukan Posyandu seperti pada hari-hari normal sebelumnya, akan tetapi para Kader Posyandu selalu stand by untuk membantu Pemerintah Desa dalam menangani pencegahan penularan Covid-19 di Desa Tegalwatu. Mereka secara bergantian ditugaskan untuk menjaga posko Percepatan Penangan Covid-19 yang ada di Desa. Mereka juga membantu Bidan Desa dalam melakukan pemeriksaan terhadap warga secara door-to-door.

Selain membantu Pemerintah Desa dalam mencegah penularan Covid-19, Kader Posyandu Desa Tegalwatu juga sering terlibat dalam kegiatan penanganan permasalahan yang diselenggarakan oleh Puskesmas Desa setempat. Secara bergantian para Kader Posyandu ikut dalam operasi masker keliling, mengikuti tracing warga yang anggota keluarganya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 serta ikut mengantarkan sembako bagi warga yang sedang menjalani masa isolasi terkait Covid-19.

Honor untuk Kader Posyandu yang dianggarkan oleh Pemerintah Desa Tegalwatu memang masih jauh dari kata layak. Namun hal tersebut diharapkan tidak mengurangi semangat mereka dalam membantu Pemerintah Desa Tegalwatu dalam melayani dan meningkatkan kesehatan masyarakat dan membantu tugas dari Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 di Desa Tegalwatu.

Reporter : Arifin
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"