Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 15 Januari 2022

KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro Terbentuk


Bojonegoro, SNN.com - Organisasi Kewartawanan Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT), wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, telah terbentuk, Sabtu (15/1/2022). 

Pembentukan KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro tersebut, diikuti oleh 26 jurnalis dari berbgai media itu, digelar di Rumah Makan (RM) Harissa yang berada di Jalan MT Haryono, Kelurahan Jetak, Kecamatan Bojonegoro Kota, Kabupaten Bojonegoro. 

Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan pemilihan ketua dengan cara vooting tertutup. Sukisno memperoleh suara terbanyak yaitu 16 suara, disusul M. Sholikin Goes Yulianto memperoleh dukungan 5 suara dan Teguh Imam Waluyo harus dengan mengantongi 4 suara. 

Sesuai dengan kesepakatan dalam forum tersebut, kandidat dengan suara terbanyak memperoleh amanah menjadi Ketua, perolehan suara kedua dipercaya menjabat sekretaris dan yang memperoleh suara ketiga memperoleh jabatan sebagai Bendahara. 

Sehingga, Ketua Sekretaris dan bendahara (KSB) KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro, untuk Ketuanya dipercayakan Sukisno, Sekretaris dijabat M. Sholikin Goes Yulianto dan Bendahara dijabat oleh Teguh Imam Waluyo. 

Guna melengkapi kepengurusan KSB sebagai tim formatur dan telah menghasilkan struktur Pengurus KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro untuk periode 2022 - 2027.

Ketua KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro Sukisno kepada para awak media usai terpilih menahkodai organisasi kewartawanan di Kota Ledre itu mengatakan, bahwa tidak mudah memimpin sebuah organisasi yang menaungi teman-teman jurnalis itu. Pasalnya, butuh kesabaran ekstra dan harus bisa “ngemong” serta bisa mengajak mereka untuk bersama-sama belajar tentang jurnalistik. 

“Terpilih jadi Ketua KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro adalah sebuah amanah yang memiliki tanggung jawab besar untuk belajar bersama-sama melaksanakan UU No 40/199 Tentang Pers dan Kode etik Jurnalistik serta belajar bersama bagaimana membuat tulisan berita yang baik,” kata Ketua KJJT Wilayah Bojonegoro Sukisno, Sabtu (15/1/2022). 

Lanjut pria yang sehari-hari aktif sebagai Pemimpin Redaksi (Pemred) rakyatnesia.com itu menambahkan, sesuai dengan arahan Ketua KJJT Ade Maulana, bahwa program KJJT lebih terfokus pada pelatihan jurnalistik dan kegiatan sosial kemasyarakatan.    

“KJJT Wilayah Bojonegoro, bakal melaksanakan pelatihan jurnalistik dengan mengajak wartawan senior yang ada di Kabupaten Bojonegoro ini untuk menjadi dosen pembimbing. Melakukan bhakti sosial (bhaksos) bersilaturahmi dan membantu wartawan yang sudah tua yang sudah tidak aktif lagi dan melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakat lainnya,” ungkapnya. 

Masih menurut Pak Kis - demikian, Ketua KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro Sukisno, akrab disapa - Setiap bulan, akan diadakan acara sinau bareng jurnalis yang dilanjutkan dengan diskusi tentang berbagai masalah yang sedang update dan juga berbagai persoalan yang dialami para awak media tersebut. 

“KJJT Wilayah Bojonegoro akan melakukan komunikasi dengan KJJT Pusat untuk memberikan bantuan hukum, jika ada wartawan yang digugat akibat penulisan. KJJT akan membantu sepenuhnya, pembiayaan Lawyer hingga biaya hidup keluarga wartawan yang tertimpa masalah tersebut,” kata Pak Kis menegaskan. 

Di akhir komentarnya, pihaknya mengajak semua wartawan di wilayah Bojonegoro untuk bisa melaksanakan profesinya dengan baik dengan menulis secara obyektif dan terjaga independensinya. Tak hanya itu, jurnalis juga harus mampu berkomunikasi dengan baik dan saling bersilaturahmi dengan sesama Insan Pers. 

“Jika wartawan baik, maka wilayah Kabupaten Bojonegoro khususnya dan Indonesia pada umumnya, juga akan menjadi baik,” ungkapnya. 

Inilah, Struktur Kepengurusan KJTT Wilayah Kabupaten Bojonegoro, Periode 2022 - 2027

Dewan Kehormatan: Sukiman
Dewan Pembina: Suwahab

Ketua: Sukisno
Wakil Ketua I: Hasyim
Wakil Ketua II: Agus Hariyanto
Sekretaris: Solikin Goes Yulianto
Wakil Sekretaris: M. Abdul Jalal
Bedndahara: Teguh Imam Waluyo
Wakil Bendahara: Elok Okmawati

Koordinator Wilayah:
1. Wilayah I: Budiono
2. Wilayah II: Soleh

Reporter : Muri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"