Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 16 Januari 2022

Lanala Aru Libatkan Semua Unsur Pada Puncak Peringatan Hari Dharma Samudera ke - 60


Kepulauan Aru, SNN.com - Peringatan hari Dharma Samudera setiap tahunnya diperingati untuk mengenang pertempuran heroik di laut arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962.

Tahun ini, pada puncak peringatan Hari Dharma Samudra ke - 60, tanggal 15 Januari 2022, Pangkalan TNI AL Aru (Lanal Aru) melaksanakan upacara penaikan bendera merah putih di Lapangan Arafuru Mako Lanal Aru Batumeja Dobo dan upacara ziarah tabur bunga di laut Aru di atas geladak KRI Tatihu- 853.

Pantauan media ini, seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera ke - 60 di Kepulauan Aru dilaksanakan secara gabungan serta sinergis yang telah digagas oleh Komandan Lanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr (Hanla). M.M.sebagai bentuk penghormatan para pahlawan laut yang telah bertempur di wilayah Kepulauan Aru pada 15 Januari 1962. 

Pasalnya, pada puncak peringatan Hari Dharma Samudera kali ini, Lanal Aru melibatkan unsur gabungan TNI Polri, Instansi Maritim dan Sakabahari serta para siswa - siswi SMA Yos Sudarso Dobo. 


Sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Kepulauan Aru dr. Johan Gonga dan hadir dalam undangan adalah unsur Forkopimda Kepulauan Aru, pimpinan instansi maritim Kepulauan Aru, para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Selain upacara juga dilaksanakan acara tarian dan demo; seperti Tarian Nusantara oleh Jalasenastri Lanal Aru, Tarian daerah Kepulauan Aru Ojikoramanman dan Tarian Papua. 

Tidak kalah turut memeriahkan hari yang bersejarah itu, telah ditampilkan pula demo display drumband Siswa Siswi SMU Yos Sudarso dan atraksi demo Pencak Silat dan Bela diri militer dari Prajurit Lanal Aru.


Danlanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr (Hanla). M.M. megatakan,
peringatan secara sinergis ini sebagai bentuk tanggung jawab moril seluruh elemen masyarakat Kepulauan Aru untuk memperingati, mengenang dan mengambil nilai-nilai kepahlawan Yos Sudarso.

"Karena, saat kejadian sebelum pertempuran berlangsung banyak elemen masyarakat Kepulauan Aru yang turut membantu perjuangan dan pertempuran tersebut," ujar Letkol Laut (P) Choirur Roziqin sebelum dilaksanakannya upacara.  

Harapannya hal positif ini dapat diteruskan sebagai tradisi dalam peringatan Hari Dharma Samudera tahun-tahun berikutnya.


Terpisah, amanatnya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang dibacakan oleh Bupati Kepulauan Aru selaku Inspektur upacara intinya memberikan arahan kepada para Prajurit TNI Angkatan Laut di manapun berada dan bertugas agar momentum rangkaian peringatan hari Dharma Samudera kali ini kiranya memacu kita untuk menghayati, meresapi dan meneladani nilai-nilai Patriotrisme, heroisme dan kepemimpinan yang telah diwariskan oleh Komodor Yos Sudarso dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara hingga rela mengorbakan nyawa demi tanah air tercinta.

Selaras dengan semangat Jalasveva Jayamahe, Kepala Staf Angkatan Laut berharap agar setiap peringatah Hari Dharma Samudera dapat menginspirasi Bangsa Indonesia untuk membangun dan membangkitkan kembali kejayaan sebagai bangsa pelaut.

Reporter : Nus Yerusa/Pen Lanal Aru
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"