Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 20 April 2022

Lamongan Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik 2021


Lamongan, SNN.com - Kabupaten Lamongan dianugerahi penghargaan Pembangunan Daerah terbaik nomor 1 di Jawa Timur tahun 2022 kategori kabupaten. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada acara  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Jawa Timur RKPD 2023 di Hotel Shangri-La Surabaya,  Selasa (19/4).

Penghargaan diberikan sebagai wujud apresiasi kepada pemerintah daerah dalam menyusun dokumen perencanaan pencapaian dan inovasi.  Apresiasi tersebut diberikan  karena telah melakukan pembangungan yang sedemikian rupa untuk kemajuan daerahnya. 

Diterima oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, penghargaan tersebut dilandasi oleh kerja keras Lamongan dalam membangun daerah.  Melalui tagline “Megilan” Lamongan tangguh menggerakkan ekonomi daerah, pariwisata yang berkembang, industri dan perdagangan nan bangkit serta sektor pertanian semakin maju.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi disela-sela acara tersebut, menuturkan penghargaan yang diterima pada kesempatan tersebut diharapkan dapat memotivasi jajaran pemerintah Kabupaten Lamongan untuk semakin baik dan optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Terima kasih atas dukungannya, jadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk kita bekerja lebih baik lagi dan semakin megilan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harap Pak Yes.


Penghargaan tersebut tidak lepas dari kerja keras Kabupaten Lamongan untuk bangkit di tengah pandemic Covid 19. Kerja keras tersebut membuahkan hasil,  dengan naiknya laju pertumbuhan ekonomi tahun 2021  yang mencapai 3,57%, indek pembangunan manusia (IPM) berada di peringat 16 di atas rata-rata Propinsi Jawa Timur dan Nasional. Kabupaten Lamongan juga berhasil menurunkan angka pengangguran sebesar 34.984 dari tahun 2020. Bahkan melalui  optimalisasi pelayanan publik, Indeks Kepuasan Masyarakat mencapai 82,62, dengan keberadaan MPP, pelayanan perijinan secara online, ojek darah online juga inovasi SAMTAKU.  Demikian juga dengan transparansi dan akuntabilitas, SAKIP Kabupaten Lamongan telah 4 kali berturut-turut mendapatkan  predikat A. 

Di tahun 2022, Kabupaten Lamongan merencanakan inovasi  rumah sorghum dan Samtaku, yang diharapkan  dapat meningkatkan kesejahteraan petani juga masyarakat Lamongan. Rumah sorghum merupakan inovasi yang mengolah biji sorghum menjadi makanan olahan ini diharapkan dapat meningkatkan hasil panen juga pendapatan petani. Sedangkan SAMTAKU, merupakan inovasi pengolahan sampah dengan prinsip 3 R, reduce, Reuse dan Recycle yang pertama di Indonesia.  Inovasi tersebut dapat menaikkan nilai ekonomi sampah sebesar 500 juta  – 1 Milyar/tahun. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"