Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 13 April 2022

Rumah Sahabat Faida Kabupaten Jember Menggelar Kegiatan Bagi-Bagi Takjil Gratis


Jember, SNN.com - Shabat faida berbagi takjil gratis dan Baksos Sembako kepada duafa di Desa Tempurejo Kecamatan Tempurejo. Beruntung sore itu tidak ada hujan dan petir, tim inti dari posko induk RSF bergerak ngebut menuju lokasi, sekitar 100 meter dari pintu masuk PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII Kebun Glantangan. Disana sudah berkumpul anggota RSF dari kecamatan sekitar seperti Jenggawah, Ambulu dan Mumbulsari.

Selain warga masyarakat sekitar, tampak belasan buruh sadap karet dan pekerja kopi yang sedang perjalanan pulang beruntung kebagian takjil yang dibagikan sejam sebelum adzan maghrib. Jalan menyempit karena persiapan pekerjaan gorong-gorong di sisi timur dan barat rupanya tidak menyurutkan semangat rumah sahabat untuk berbagi di bulan suci. Keadaan lapangan justru membuat event ini tampak semakin meriah. Tidak hanya pelaju yang lewat, banyak warga yang malah cari posisi untuk sekedar menonton dan mendengarkan musik remix yang terdengar jedag-jedug.

Fenomena penurunan produksi tanaman karet dan kopi di kebun tidak harus jadi alasan untuk tidak berkunjung ke Kecamatan Tempurejo. Masih ada Pantai Bandealit, Air Terjun Watu Ondo, Lapangan Golf, Kolam Renang Kajer Asri, Bendungan Dam Rejo, Taman Galaxy, Wisata Alam BDR dan lainnya. “Terima kasih kepada teman-teman Rumah Sahabat yang sudah kompak dan gerak serentak untuk hadir di desa kami, semoga ramadan tahun depan kita semakin meluas seperti juga harapan dari Ibu Faida agar kedepannya merambah kabupaten tetangga,” ungkap Heriyanto, Ketua panitia lokal di Desa Tempurejo saat diwawancarai wartawan sorotnuswantoronews.

Tempurejo adalah sebuah nama kecamatan di Kabupaten Jember yang terdiri dari 8 desa, Wonoasri, Tempurejo, Sanenrejo, Sidodadi, Pondokrejo, Curah Takir, Andongrejo, dan Desa Curahnongko dengan batas wilayahnya Kecamatan Tempurejo memiliki batas-batas sebagai berikut: batas utara adalah Kecamatan Mumbulsari dan Kecamatan Silo, batas timur laut Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi.

Batas timur Kecamatan Tempurejo adalah Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, batas Tenggara adalah Samudra Hindia, Selatan juga berbatasan dengan Samudra Hindia. Barat daya juga Samudra Hindia sedangkan batas Barat adalah Kecamatan Ambulu dan terakhir Barat laut batasnya adalah Kecamatan Jenggawah.

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII Kebun Glantangan merupakan salah satu perkebunan besar milik negara yang terletak di Kecamatan Tempurejo. Wilayahnya dibagi menjadi enam bagian / Afdeling, yaitu: Kali Mayang, Kali Bajing, Bajing Onjur, Wonojati, Curah Jambe dan Sumber Waringin. 

Penurunan produksi tanaman karet dan kopi menimbulkan ide bagi pihak PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Glantangan untuk mengkonversi sebagian lahan mereka ke tanaman lain yaitu jati dan sengon. Penurunan tersebut diduga karena kondisi iklim yang tidak sesuai dan karena usia tanaman yang sudah tua.

Hari ini Rabu (13-04-2022) Rumah Sahabat Faida kembali menggelar bagi-bagi takjil di Rambigundam. Acara ini bakal dimeriahkan pentas gambus dan kesenian rakyat. Informasi dari posko induk bahwa jumlah takjil yang dibagikan lebih besar dari biasanya. Kegiatan hari ini juga jadi pra persiapan sahur bersama Dokter Faida yang rencananya akan dihelat minggu depan. Tetap semangat gaess.

Reporter  : Arifin
Editor       : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"