Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Sabtu, 09 Juli 2022

Serahkan Hewan Korban, Ini Pesan Wabup Aru


Kepulauan Aru, SNN.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Aru menyerahkan dua ekor sapi sebagai hewan Qurban kepada Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kepulauan Aru dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha  Dzulhijjah 1443 Hijriah.

Penyerahan hewan qurban diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalrey di halaman masjid Al-Jannah Jl. Sipur Pantai, Dobo, Kamis (30/07/2020).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati dua periode itu  mengatakan, tradisi qurban dalam hari raya Idul Adha memiliki dua dimensi. Pertama, makna qurban memiliki dimensi ibadah-spiritual. Kedua, makna qurban punya dimensi sosial.

Kedua Dimensi ibadah dalam tradisi qurban sudah jelas menjadi bentuk ketaatan hamba kepada Tuhannya.

"Ketaatan itu harus dilandasi dengan rasa ikhlas sepenuhnya, sehingga kita menjadi dekat dengan Allah. Hal inilah yang dimaksud qurban dalam pengertian ibadah, yakni qarib,” pesan Sogalrey.

Selain itu, kata Sogalrey, dimensi sosial dalam tradisi qurban adalah ibadah qurban yang bertujuan memberikan kesejahteraan kepada lingkungan sosial berupa daging qurban, dari perspektif sosial. 

”Ini menjadi bagian dari ketakwaan kita kepada Allah secara horizontal,” ujar Sogalrey.


Disampaikan pula bahwa, akikat berqurban adalah bahwa kita harus kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah. Karena manusia dan jin tidaklah diciptakan, kecuali untuk beribadah. Hikmah dari segala peristiwa qurban tidak lain  untuk memperoleh Ridho Allah melalui ibadah dengan menjalankan apa yang menjadi perintah Allah.

“Namun, tidak sekadar ibadah, kita harus ikhlas dalam menjalankan setiap perintah Allah. Kalau tidak, apa yang kita kerjakan dan menurut kita ibadah, itu menjadi sia-sia karena tidak dilakukan dengan ikhlas,” ungkap Sogalrey.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"