Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 06 Maret 2021

Ijin Belum Efektif, Pabrik Tahu Di Probolinggo Masih Tetap Beroperasi


Probolinggo, SNN.com - Tahu merupakan makanan khas Indonesia, namun tak sedikit para industri pabrik tahu yang berada di Kota Probolinggo  yang melupakan ataupun mengabaikan  prosedur hukum yang ada demi meraup keuntungan yang besar khususnya UD. ALI PUTRI yang berada di dusun melati RT/RW 02/03 Pohsangit Kidul Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo.

Saat di konfirmasi wartawan SNN.com,  pemilik industri pabrik tahu UD. ALI PUTRI mengatakan "usaha saya sudah ada izinnya smua mas, mari kedalam liat aja". Setelah di cek oleh Tim LSM Paskal ternyata UD. ALI PUTRI tidak berizin dan usahanya belum efektif, padahal pemilik industri pabrik tahu mengatakan usahanya berjalan hampir usia usahanya sudah berjalan kurang lebih hampir dua tahun namun izin nya belum efektif, namun dalam izin usahanya disentil "agar usahanya efektif maka UD. ALI PUTRI wajib memenuhi komitmen prasarana sesuai kebutuhan usaha yaitu izin lokasi izin lingkungan (UKL-UPL atau AMDAL) ataupun izin IMB, akan tetapi UD. ALI PUTRI tidak bisa menunjukkan surat ijin dengan berdalih izinnya diuruskan sama saudara dulu mas, "katanya, sabtu (6/3/2021).

kepada anggota LSM PASKAL bidang investigasi yang berinisial HR mengatakan " loh ini izinnya belum efektif loh mas  pabrik tahu UD. ALI PUTRI itu sendiri berdampingan dengan lingkungan masyarakat dan yang jelas perubahan ekosistem lingkungan sebelum dan sesudah adanya industri pabrik tahu UD. ALI PUTRI itu pasti ada perubahan, dan Undang - undang PPLH itu sudah jelas bahkan sanksi dalam peraturan UU no 32 tahun 2009 tentang PPLH dalam pasal 36 ayat 1 yang menjelaskan "setiap usaha /atau kegiatan yang wajib Amdal atau UKL-UPL wajib memiliki izin lingkungan" dan pelanggaran terhadap UU PPLH itu sendiri sudah jelas dalam pasal 109 UU 32 tahun 2009 tentang PPLH yang berbunyi "setiap orang yang melakukan kegiatan usaha dan/atau tanpa memiliki izin lingkungan sebagaimana dimaksud pasal 36 ayat (1) dipidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 3 tahun dan denda paling sedikit 1 milyar dan paling banyak 3 milyar, bahkan sudah jelas dalam peraturan PPLH tentang tim penyusunan AMDAL  dan pejabat penerbit  izin amdal, jadi di peraturan UU PPLH tidak hanya mengatur sanksi bagi si pelaku usaha saja mas tetapi juga berlaku bagi pejabat penerbit izin lingkungan itu sendiri, jadi penyusun AMDAL bahkan memberikan sanksi kepada pejabat pemberi izin lingkungan yang menerbitkan izin lingkungan yang tidak dilengkapi AMDAL atau UKL-UPL, dan juga kepada pejabat pemberi izin usaha dan/atau kegiatan yang menerbitkan izin usaha atau tanpa dilengkapi juga diatur dalam pasal 111 UU PPLH No 32 tahun 2009 yang menyatakan sbb:  
1.) Pejabat yang memberikan izin lingkungan yang menerbitkan izin lingkungan yang tanpa dilengkapi dengan AMDAL  atau UKL-UPL sebagaimana dimaksud dalam pasal 37  ayat 1 dipidana penjara paling lama 3 tahun dan denda paling banyak 3 milyar.
2.) Pejabat pemberi izin usaha dan/atau kegiatan yang menerbitkan izin usaha dan/atau tidak dilengkapi izin lingkungan sebagaimana dalam pasal  40 ayat 1 dipenjara paling lama 3 tahun dan denda paling banyak 3 milyar. Bahkan dalam UU 39 tahun 2009 tentang PPLH sudah menjelaskan secara rinci mas yang tertuang dalam pasal 40 yang berbunyi " 1.) izin lingkungan adalah persyaratan  untuk memperoleh izin usaha dan/atau kegiatan.
2.) Dalam hal izin lingkungan dicabut dan/atau izin usaha kegiatan dibatalkan.
3.) Dalam hal usaha dan/atau kegiatan mengalami perubahan penaggung jawab usaha dan/atau kegiatan wajib memperbarui izin lingkungan. 

Jadi saya paparkan sebagai team bidang investagasi LSM PASKAL hubungan antara izin lingkungan dengan perizinan yang lain adalah jelas bahwa izin lingkungan merupakan izin utama atau jantungnya dari semua perizinan bagi suatu usaha dan/kegiatan,maka demikian bilamana kita mendirika usaha bidang  usaha dan/atau kegiatan seperti (TAMBANG, HOTEL, INDUSTRI, dan lain sebagainya). Dan kita wajib tahu usaha atau kegiatan kita itu wajib memiliki Amdal atau UKL-UPL atau tidak mas khususnya kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya juga kepada pelaku usaha yang ada diprobolinggo raya.

Instansi yang terkait dinas lingkungan hidup kadis DLH sedang rapat, berita berlanjut.

Reporter : Rudi
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"