Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 08 Oktober 2021

Bupati Blora Kukuhkan Tim Satgas Sapu Bersih Sampah Liar kali Lusi


Blora, SNN.com - Bupati Blora. H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, didampingi Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., pada Jumat pagi (8/10/2021) mengukuhkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Sampah Liar yang digagas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama para relawan cinta kebersihan.

Pengukuhan dilakukan Bupati di bantaran Kali Lusi, dibawah Jembatan Kaliwangan Kelurahan Mlangsen, dengan membacakan Surat Keputusan dan menyerahkan alat kebersihan secara simbolis.

Acara berlangsung secara sederhana namun khidmat sesuai protokol kesehatan. Usai pengukuhan langsung dilakukan aksi bersih-bersih secara massal, bergotong royong membersihkan sampah liar yang ada di kawasan bawah Jembatan Kaliwangan.

Sampah yang ada di bawah jembatan, dinaikkan secara bergantian dan diangkut oleh truk DLH ke TPA. Baik sampah organic maupun anorganik, termasuk sampah plastik.

“Alhamdulillah hari ini telah kita kukuhkan tim sapu bersih (saber) sampah liar Kabupaten Blora di tepi Kali Lusi ini. Kita berharap satgas ini menjadi ujung tombak penanganan tempat pembuangan sampah liar untuk membantu DLH. Kita minta untuk aktif di media sosial, sehingga ketika ada laporan masyarakat tentang penumpukan sampah liar bisa segera dibersihkan,” ungkap Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini.

Pihaknya juga berterimakasih kepada seluruh relawan yang terlibat dalam kegiatan ini. Dengan bergerak bersama-sama seperti ini, Bupati berharap kedepan Blora bisa semakin bersih dan sehat lingkungannya.

“Dalam kesempatan ini , kami titip pesan agar masyarakat bisa meningkatkan kesadarannya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya atau bentuk bank sampah di setiap desa/kelurahan, inshaAllah DLH siap memfasilitasi,” tambah Bupati.

Sementara itu, Plt. Kepala DLH Blora, Drs. Sugiyono, M.Si., menyatakan bahwa kegiatan ini seagai bentuk kepedulian bersama dalam hal menjaga kebersihan lingkungan.

“Sesuai arahan Bapak Bupati, Satgas Saber Sampah Liar ini tidak akan bekerja di Blora saja namun juga di Kecamatan Cepu. Nanti akan kita bentuk tim lagi untuk Cepu, mengingat volume sampah yang potensinya besar ada di Blora dan Cepu,” ujar Drs. Sugiyono, M.Si.


Ditambahkan Bayu HImawan, ST, MM., selaku Kepala Bidang Kebersihan dan Pengolahan Sampah, bahwa setiap hari jumlah produksi sampah di Blora mencapai lebih dari 30 ton.

“Rata-rata setiap hari ada sampah 34 ton yang masuk di TPA Temurejo Blora, ini belum termasuk sampah di Cepu dan kecamatan lainnya. Oleh karena itu kita ajak masyarakat untuk bergerak bersama mengolah sampah yang benar. Kita siap memfasilitasi pembentukan bank sampah,” terangnya.

Adapun tim Satgas Saber Sampah Liar yang dikukuhkan tadi diketuai oleh Tri Ratna Puji Santoso selaku coordinator, dan beranggotakan para relawan dari berbagai wilayah Desa/Kelurahan. 

Reporter : Lukman
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"