Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Jumat, 19 November 2021

9 Unit Alat Program Pengembangan Unit Pengolah Pupuk Organik ( UPPO ) Di Serahkan Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban


Tuban, SNN.com - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban menyerahkan sembilan unit alat bantuan Program Pengembangan Unit Pengolah Pupuk Organik ( UPPO ) kepada sembilan kelompok tani di Kabupaten Tuban. Jum’at, 19 November 2021.

Kepada Wartawan SNN.com, Kepala Bidang Perkebunan dan Holtikultura DPKP Lamidi menjelaskan, sembilan paket bantuan tersebut terdiri dari satu set bantuan berupa satu buah chopper, satu kendaraan roda tiga, serta satu unit pembangunan rumah kompos, yang di berikan masing - masing kepada kelompok tani yang telah mengusulkan.“ Kelompok tani yang di pilih merupakan Poktan yang telah memiliki embrio atau pernah dan berpotensi melakukan produksi pupuk organik,” ujar Lamidi.

Satu set bantuan masing - masing bernilai 180 hingga 200 juta rupiah yang berasal dari dana Perubahan APBD tahun 2021, di berikan kepada Poktan di 6 Kecamatan yaitu Palang, Widang, Rengel, Semanding, Soko, dan Jenu. Sedangkan untuk dana APBD tahun 2021 untuk tiga set bantuan untuk Poktan di Kecamatan Tambakboyo, Kenduruan, dan Grabagan. 

Lamidi memaparkan, program UPPO telah di adakan mulai tahun 2020  bertujuan untuk mengubah pola pikir petani yang selama ini menggantungkan diri pada pemakaian pupuk pabrikan atau unorganik, agar beralih ke pemakaian pupuk organik yang bisa di produksi sendiri.“ Ini penting, sebab dari segi harga, pupuk unorganik lebih mahal dan terbatas. 

Pemerintah Pusat juga telah mengurangi jatah subsidi pupuk maupun jumlah pupuk non subsidi tiap tahunnya,” beber Lamidi. Ini dilakukan, lanjut Lamidi, agar semakin banyak petani memproduksi dan menggunakan pupuk organik yang lebih ramah lingkungan dan mulai maksimal dalam memanfaatkan limbah ternak.


Kolaborasi antara pertanian dan peternakan akan menciptakan ekosistem tani yang lebih menguntungkan dan berkesinambungan. “ Program ini akan selalu ada tiap tahun, agar banyak petani yang beralih ke pupuk organik,” terangnya.

Selain itu, program bantuan tersebut juga sejalan dengan visi misi Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky yaitu meningkatkan kesejahteraan petani melalui nilai tambah. Untuk itu, bantuan program UPPO di harapkan dapat mendorong petani selain memproduksi pupuk organik untuk digunakan secara mandiri, juga untuk menciptakan produk pupuk organik yang bisa di jual.“.Kita mendorong petani untuk memproduksi pupuk organik untuk di jual, sehingga memiliki nilai tambah,” tutupnya.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"