Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 21 November 2021

Wabup Blora Pastikan Pilkades Berjalan Aman dan Sehat


Blora, SNN.com - Pemerintah Kabupaten Blora pada hari Minggu (21/11/2021) melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) langsung dan Pilkades Pengganti Antar Waktu (PAW) di sejumlah desa. Untuk memastikan tahapan Pilkades berjalan aman dan sehat sesuai protokol kesehatan, Bupati pun turun langsung ke lapangan untuk memantau bersama Forkopimda.
 
Lokasi pertama yang dipantau langsung Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si dan Forkopimda adalah Pilkades Desa Dringo, Kecamatan Todanan. Disini, Bupati melihat langsung proses pemungutan suara dan memantau kepatuhan protokol kesehatan.

Di Desa Dringo ini, Bupati juga melakukan video conference melalui aplikasi zoom meeting dengan Dirjen Bina Pemerintahan Desa yang melakukan pemantauan Pilkades di beberapa Kabupaten serentak di hari yang sama.

Pilkades di Desa Dringo diikuti oleh dua calon Kepala Desa, yakni nomor urut 1 Sulistiyono, dan nomor urut 2 Siti Sya’faah, dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1737 suara dan terbagi menjadi 4 lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Usai dari Dringo Todanan, Bupati dan Forkopimda bergeser meninjau Musyawarah Desa dengan agenda Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pengganti Antar Waktu (PAW) di Desa Tawangrejo, Kecamatan Tunjungan.

Bedanya, disini pemilihan Kades PAW hanya diikuti oleh 63 pemilih atau pemilik suara yang merupakan perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Ketua RT, RW dari seluruh wilayah dukuh/dusun.


Di Tawangrejo, Bupati bersama Kapolres, Kajari, dan perwakilan Dandim, beserta Camat Tunjungan dan OPD terkait melihat langsung proses penghitungan perolehan suara yang dilakukan oleh panitia desa.

Yang mana, ada 3 calon yang memperebutkan 63 suara pemilih. Dengan hasil nomor urut 1 Sujito mendapatkan 1 suara, nomor urut 2 Parjana mendapat 39 suara, dan nomor urut 3 Puji Wiyanto mendapatkan 23 suara.

“Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades langsung di Desa Dringo, dan Pilkades PAW di Desa Tawangrejo yang kita pantau ke lokasi berjalan aman dan lancar, sesuai protokol kesehatan. Kami berterimakasih kepada jajaran TNI, POlri yang telah ikut melakukan pengamanan tahapan Pilkades ini,” ungkap Bupati.

Bupati berharap dari proses Pilkades ini bisa menghasilkan para Kepala Desa yang amanah dan bisa menjalankan pemerintahan dengan baik guna meuwujudkan pembangunan desa yang maju.

“Semoga para Kades terpilih bisa menjadi Kades yang amanah, berintergritas dan siap untuk bersama-sama Sesarengan mBangun Blora. Saya titip pembangunan infrastruktur desa ikut diutamakan,” ujar Bupati.

Tidak hanya Bupati, Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST. MM., di hari yang sama juga melaksanakan tinjauan pelaksanaan Pilkades di Desa Biting, Kecamatan Sambong, dan di Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban.


Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs. Suryanto, M.Si, menyebutkan bahwa bulan ini ada 8 desa yang melaksanakan Pilkades.

“Dari 8 desa ini, 2 desa melaksanakan Pilkades langsung dipilih masyarakat yakni Desa Dringo Kecamatan Todanan, dan Desa Biting Kecamatan Sambong. Sedangkan 6 desa lainnya melakukan Pilkades PAW, yakni Desa Tawangrejo Kecamatan Tunjungan, Desa Plumbon Kecamatan Ngawen, Desa Pulo Kecamatan Kedungtuban, Desa Jatiklampok Kecamatan Banjarejo, Desa Wotbakah Kecamatan Japah, dan Desa Pelem Kecamatan Jati,” terang Suryanto.

“Rencananya hasil Pilkades, para Kades terpilih akan dilantik Bapak Bupati di Bulan Desember mendatang, dalam rangkaian Hari Jadi ke 272 Kabupaten Blora,” tambahnya.

Adapun Kapolres AKBP Wiraga Dimas Tama, S.I.K, menyampaikan untuk pengamanan tahapan Pilkades ini pihaknya mendapatkan BKO pasukan Brimob Polda Jateng sebanyak 31 personil. Pihaknya ingin memastikan seluruh pelaksanaan Pilkades berjalan aman tanpa gangguan. 

Reporter : Lukman
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"