Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 12 April 2022

Bupati Bersama Kapolres Tuban Beri Apresiasi Kecamatan Dan Puskesmas, Capaian Vaksinasi Memuaskan


Tuban, SNN.com - Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE bersama Kapolres Tuban AKBP. Darman memberikan apresiasi berupa penghargan kepada Kecamatan dan Puskesmas dengan capaian Vaksinasi Covid -19 terbaik, berdasarkan evaluasi pelaksanaan Mobil Vaksin Pedesaan dan percepatan Vaksinasi Covid -19 di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Senin ( 11/4/2022 ). 

Usai pemberian penghargaan, Mas Bupati mengatakan, penghargaan tersebut sebagai wujud apresiasi kepada Kecamatan, Pemdes, Danramil, Kapolsek, hingga Puskesmas yang telah berhasil mencapai target Vaksinasi.“ Dengan adanya kreativitas dan kerja keras dari Forkopimcam, Pemdes, hingga Puskesmas, Alhamdulillah capaian target Vaksinasi di Kabupaten Tuban bisa tercapai,” tutur Mas Bupati.

Adanya strategi berupa Mobil Vaksin yang menjemput langsung ke rumah - rumah warga, Vaksinasi bisa terlaksana secara merata. Saat ini pun, Vaksinasi dengan konsep mobil masih berjalan dan beroperasi setelah sholat tarawih. Nantinya, para petugas yang terdiri dari Bidan Desa, anggota Kepolisian dan TNI ini memiliki tanggung jawab 54 ribu target suntikan. 

Adapun jumlah Vaksin yang tersedia saat ini sebanyak 22 ribu dosis, di tambah lima ribu dosis tambahan dari Polres Tuban. Dengan 200 mobil Vaksin yang akan beroperasi dan melakukan Vaksinasi dari rumah - kerumah setelah tarawih.“ Di harapkan awal Mei target tersebut terpenuhi," paparnya.

Di tanya soal capaian Vaksinasi Booster, Mas Bupati menuturkan target yang di pasang adalah 10 hingga 30 persen. Saat ini, Kabupaten Tuban baru mencapai 7 persen, dan di targetkan tuntas 30 persen sebelum idul fitri. Menurutnya, hal ini di sebabkan karena sosialisasi mengenai Vaksin Booster belum maksimal.“ Yang seharusnya sudah waktunya Vaksin Booster, tapi mereka belum tau. Harus ada sosialiasi lagi, untuk mencapai target hingga Idul Fitri nanti,” bebernya. 

Sementara itu, Kapolres AKBP Darman dalam arahannya mengatakan, menyukseskan program Vaksinasi merupakan tugas luar biasa.  Kabupaten Tuban bisa masuk dalam pemberlakuan PPKM 1 merupakan wujud kerja keras bersama. 

Meskipun target mencapai 54 ribu hingga Mei nanti, Kapolres meyakinkan para petugas bisa mencapai target tersebut. Target ini, apalagi untuk Booster memang tidak mudah, tapi pasti bisa,” tegas Kapolres penuh semangat. 

Kapolres pun memberikan semangat kepada para petugas agar tidak lelah. Apalagi, saat ini bulan puasa, di mana menjadi momentum untuk meratakan target Vaksinasi.“ 2 Mei nanti, Vaksin sudah expired, jadi kita harus bisa habiskan,” pungkas Kapolres. 


Adapun penghargaan di berikan kepada Puskesmas terbaik pertama dalam pelaksanaan kegiatan Vaksinasi Covid -19 dengan capaian dosis 2 terbesar, yaitu juara pertama, Puskesmas Jenu dengan capaian dosis 2 sebesar 94,51% dari target sasaran per tanggal 7 April 2002.

Juara ke - 2 Puskesmas Plumpang, dengan capaian Vaksinasi dosis ke - 2 mencapai  89,29 %. Di susul juara ke - 3 Puskesmas Tuban dengan capaian Vaksinasi 83,73 %.

Juara harapan 1, Puskesmas Bulu dengan capaian Vaksinasi dosis ke - 2 yaitu 83, 50 %, di susul harapan 2 Puskesmas Widang dengan perolehan target Vaksin mencapai 82,50 %, dan juara ke - 3 Puskesmas Jatirogo mencapai 81,2 %.

Kapolres Tuban AKBP Darman juga memberikan penghargaan kepada anggota dan WNI dalam melaksanakan tugas Vaksinasi Mobil Pedesaan di Kabupaten Tuban kepada 10 orang yang terdiri dari petugas Kepolisian, anggota Koramil, serta Bidan Desa. ( AGUS ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"