Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Sabtu, 01 Oktober 2022

Hari Kesaktian Pancasila, Penggugah Kesetiaan Terhadap Ideologi Negara


Lamongan, SNN.com - Pemerintah Kabupaten Lamongan laksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022, di Alun-Alun Kabupaten Lamongan dengan khidmat dan tertib. Diikuti jajaran forkopimda hingga mahasiswa dan pelajar, momen ini menjadi penggugah bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Lamongan, untuk senantiasa tetap setia terhadap Pancasila sebagai ideologi negara, Sabtu (1/10/2022).

Diperingatinya hari kesaktian pancasila, tidak terlepas dari insiden pemberontakan Gerakan 30 September oleh Partai Komunis Indonesia (G30S PKI) terhadap tewasnya 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD, yang 7 jenazahnya dimasukkan ke sumur sedalam 12 meter atau dikenal dengan lubang buaya. Sehingga untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam aksi G30S PKI tahun 1965, setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila 

Sebagai peneguhan nilai-nilai yang terkandung dalam butir-butir Pancasila, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bertindak selaku inspektur upacara, pada kesempatan tersebut membaca teks Pancasila yang di ikuti oleh seluruh peserta upacara. Selain itu, seperti yang tertuang dalam teks ikrar yang di bacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Lamongan Abdul Ghofur, Hari Kesaktian Pancasila sebagai tekad bersama untuk terus mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan dalam memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kesaktian Pancasila dapat kita implementasi melalui banyak hal, seperti dengan gotong royong, maupun menerapkan nilai-nilai kesadaran untuk bernegara dengan sebaik-baiknya, melalui pengamalan nilai-nilai yang telah kita ketahui bersama," pesan Pak Yes (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"