Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Sabtu, 22 Oktober 2022

Peringati Hari Santri Nasional, Ky Ahmad Supari Mengajak Santri Harus Semangat dan Bermotivasi


Kendal, SNN.com - Kaliwungu selatan melaksanakan kegiatan peringatan Hari Santri nasional yang di pusatkan di MTS NU 19 Protomulyo Kaliwungu selatan, 22/10/2022 

Peringatan Hari Santri sejatinya tidak terbatas untuk kalangan pesantren saja, namun diharapkan bisa menjadi ajang untuk meningkatkan toleransi di kalangan santri, umat Islam, dan seluruh bangsa Indonesia.

Ky H.Fatkhurrohman selaku ketua MWC NU kaliwungu selatan mengungkapkan, kita adakan hari santri ini kita mengenang perjuangan, khususnya para pendiri NU yang melatar belakangi peristiwa yang sangat bersejarah tanggal 10 November yang kita kena kenal sebagai hari Pahlawan.

Di awali resolusi jihad yang di keluarkan oleh Ky H Hasyim Asy'ari yang berkaitan dengan fatwa yang di keluarkan oleh presiden Sukarno pada waktu itu dengan jihat membela negara karena Indonesia pada dasarnya bukan negara Islam meskipun mayoritas Islam. Setelah fatwa itu muncul, hukumya membela negara adalah wajib. Dari itulah kita sebut dengan semboyan Khubul watton minal iman, "Ungkap beliau.

Pratikto Joko Wijayanto yang mewakili dari kecamatan di peringatan hari santri nasional menyampaikan, Di hari santri kali ini  di Kaliwungu selatan yang di pusatkan di MTS NU 19 Protomulyo, semoga para santri bisa meneladani semangat jihad para pendahulu kita. Pada awal kemerdekaan Ripublik Indonesia semangat perjuangan di jalan yang benar harus  kita kibarkan sebagai bentuk rasa cinta kita kepada tanah air. Berbagai upaya kecil yang berdampak besar bisa kita lakukan misalnya untuk bersemangat dalam menuntut ilmu agama maupun ilmu lainnya santri yang berintegritas tinggi tidak hanya belajar ilmu agama saja Namun harus di kembangkan dengan pengetahuan seperti pemanfaatan ilmu teknologi yang positif. Langkah ini berguna demi menentukan masa depan Indonesia yang lebih cerah dengan berbagai macam ilmu pengetahuan Indonesia bisa sejajar dengan bangsa lainnya, "ujar beliau.


Ky Ahmad Supari selaku Pengasuh pondok pesantren Al Ulya kedungsuren mengatakan, Peringatan hari santri ini harus di maknai rasa syukur kita semua. Segenap santri dan keluarga besar warga NU karena perjuangan peran dan kiprah para ulama bahwa santri di akui oleh negara lebih dari itu yang lebih penting dari santri-santri masa kini adalah adanya hari santri ini semua santri meningkatkan semangatnya harus lebih bermotifasi bahwa sekarang menjadi santri bisa menjadi apapun pemerintah dan semua instansi mengakui keberadaan santri.

Bahwa kalau ada rekruetmen apapun seperti tentara, pegawai dan tenaga di berbagai perusahaan banyak yang menginginkan dari para kaum santri, karena karakter para santri pertimbangannya adalah akhlak yang baik ( Akhlaqul Karimah) Di hari santri ini semua santri lebih semangat lebih giat dalan belajar.

"Santri indonesia Patang mundur maju terus untuk Indonesia jaya, "tambahnya.

Ky Muthohirin selaku ketua MUI Kaliwungu selatan mengharapkan bahwa hari ini harus selalu di adakan dalam satu tahun sekali,
Di karenakan bangsa Indonesia membutuhkan santri santri harus di depan santri harus berperan untuk negara Indonesia ini supaya negara kita ini tidak ter rongrong dan menghancurkan negara kita.

Hari santri yang di adakan tahun ini betul- betul menyemangatkan para santri di pondok- pondok pesantren dan majlis yang membimbing para santri untuk nantinya jadi pemimpin dari kalangan bawah maupun kalangan atas. Contoh pilkades desa Kedungsuren juga baru terpilih dari kalangan santri.

Reporter : M.Said

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"