Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 17 Januari 2023

Komsos, Pelda Dodik Ajak Menanam Pohon Untuk Lestarikan Alam Sukapura

Probolinggo, SNN.com - Letak geografis Kecamatan Sukapura  adalah daerah perbukitan hingga pegunungan dengan pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan.Namun demikian pada saat musim penghujan tiba sering terjadi bencana tanah longsor karena struktur tanahnya tidak stabil. 

Pelda N Dodik H Bati Komsos Koramil 0820/ 08 Sukapura laksanakan komsos  di kediaman bapak Gundik Tinoto selaku Sekretaris Desa Sariwani yang dihadiri oleh Ketua RT 04 Dusun Krajan, Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Sari Makmur Fitra Ardi. Selasa (17/1/23).

"Selain membahas soal keamanan di Desa Sariwani, disini kami juga membahas terkait Kelompok Tani Hutan sebagai sumber pengelolaan kami dari hasil pertanian diantaranya Pohon Sengon, Durian, Alpukat, Ekaliptus, Serta Jahe," Papar Pelda N Dodik.

Dalam komsos nya Pelda N Dodik menjelaskan tentang pentingnya penanaman pohon ini merupakan rangkaian kegiatan jangka panjang untuk menghijaukan kembali pegunungan Kendeng dan mengalihkan kebiasaan masyarakat menanam jagung dan palawija, menjadi tanaman keras dan buah yang produktif.

penanaman pohon ini nantinya bermanfaat bagi banyak orang banyak. Tanaman buah yang sudah tertanam agar dirawat dengan baik serta kita dukung upaya pemerintah dalam kegiatan pelestarian alam dan lingkungan diwilayah pegunungan Sukapura, tambah Dodik.

Senada dengan Dodik, Ketua KTH Sari Makmur Fitra Ardi merinci lahan seluas 25 hektar ini merupakan sumber penghasilan dari Desa Sariwani dengan perawatan masih berusia 2 bulan dalam keadaan subur dengan pemupukan oleh Kelompok Tani Hutan Sari Makmur yang tengah ditanami ribuan pohon.

"Lahan Seluas 25 hektar, ditanami Pohon Sengon sebanyak 5000, Durian dan Alpukat masing-masing 1.100 pohon, Ekapliptus 6000 Pohon, serta Jahe 600 Kg," Jelas Fitra.

Sebagai informasi, Timeline pembakuan lahan dan penanaman ini dibutuhkan waktu selama satu bulan penuh dengan mengerahkan warga yang tergabung dalam KTH Sari Makmur Desa Sariwani sejumlah 20 Orang dengan upah per hari masing-masing orang mendapatkan seratus ribu rupiah. (Pendim0820).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"