Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 11 Januari 2023

Musim Giling 2023 PT Gendhis Multi Manis Optimis

Blora, SNN.com - Memasuki tahun 2023 Pabrik Gula Blora (PG Blora) mulai mempersiapkan musim giling-nya. "Dengan perbaikan yang kami lakukan, kami optimis akan menyelesaikan musim giling 2023 dengan lebih baik dari sebelumnya" Sambut Krisna Murtianto Direktur Operasional PT GMM (10/01). Diketahui PT GMM menyelesaikan musim giling 2022 dengan perolehan Tebu Tergiling : 296.234 Ton, Rendemen : 6,83 %
Total GKP yg diproduksi : 20.161 Ton

"Tahun 2023 kami targetkan 400.000Ton tebu tergiling dengan rendemen 7.5%, beberapa kendala pada musim giling tahun 2022 antara lain terhambatnya penjualan produk kami dan juga curah hujan yang diluar prediksi kami. Hal ini berpengaruh pada pembiayaan pembelian tebu dan juga rendemen." Ibuh Dirops. Beberapa perbaikan di berbagai sektor telah dilakukan agar giling 2023 lancar. Dengan moto yg sama "No Stop Giling" selama kurang lebih 300hari.
Beberapa hal yg akan menjadi perhatian di tahun 2023 ini tentu bulan puasa dan lebaran di bulan maret-april yang akan dilakukan pembahasan lebih lanjut untuk menentukan awal musim giling.

Dalam kesempatan yang sama, Yudhi Ardhiansyah selaku Manager Plantation menambahkan "Untuk pasokan tebu dari lokal blora di Tahun ini mengalami pertumbuhan yang besar, sehingga menjadi peluang yg baik bagi giling 2023 nanti." Diketahui dari data lapangan PT GMM ada kenaikan luasan lahan tebu di Blora sebanyak kurang lebih 10% dari sebelumnya tahu  2022 sebesar 4.300 Ha.
PT GMM sebelumnya juga menyampaikan realisasi TSP (Tanggungjawab Sosial Perusahaan) tahun 2022 dalam Rapat Forum TSP di Bappeda pada 21/12/22 lalu dengan Total 302 juta "Ini (TSP) selalu kami realisasikan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat. Saat ini kami memang belum dapat memberikan bantuan yg besar, namun kami mencoba berpartisipasi untuk membantu masyarakat Blora, terlebih untuk lingkungan sekitar perusahaan." jelas Krisna.

PT Gendhis Multi Manis merupakan perusahaan industri gula satu-satunya yg ada di Blora, dengan total 700 karyawan saat on season dan 400 karyawan saat off season diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap Blora. Mengurangi angka pengangguran, meningkatkan ekonomi petani dan adanya perputaran uang saat kegiatan produksi berjalan (sopir truk tebu, penebang tebu, warung makan dan lain sebagainnya.

Reporter : Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"