Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 22 Januari 2023

Obrolan 'Hangat' Bhabinkamtibmas di Poskamling Desa Bina Kamtibmas

Lumajang, SNN.com - Peran Bhabinkamtibmas di setiap kepolisian sektor jajaran Polres Lumajang terus dioptimalkan dalam rangka membina hubungan baik antara Polri dengan masyarakat, khususnya dalam sisi menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah.

Kapolres Lumajang AKBP Boy J.S melalui Kasubsipenmas Aiptu Eko Budi Laksono mengatakan, Bhabinkamtibmas memiliki peranan penting dalam melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini, dan mediasi atau negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa atau kelurahan.

"Salahsatu pendekatan yang dilakukan, dimana di Lumajang sudah banyak pos - pos keamanan lingkungan di setiap desa, ini menjadi salahsatu ruang komunikasi dengan warga. Secara tidak langsung mengajak, agar masyarakat terus giat dan aktif dalam rangka menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggalnya dengan semangat yang melekat," kata Kasubsipenmas, Minggu (22/1/2023).

Disamping masyarakat yang kompak, ditegaskan oleh Eko, tidak kemudian mengurangi tensi kesiapsiagaan pihaknya selalu pemangku keamanan. Pola dipaparkan, masyarakat aktif ronda malam, petugas berpatroli menyisir seluruh wilayah yang ada.

"Dengan begitu akan tercipta sistem keamanan yang kuat. Ruang gerak pelaku kejahatan akan sempit, lebih - lebih mengurungkan niatnya ketika hendak berbuat," imbuhnya.

"Kalau perbuatan jahat itu bisa kita cegah, kenapa tidak," lanjut dia.

Selebihnya, Eko berterima kasih pada masyarakat yang dianggap sudah aktif terlibat dalam menciptakan keamanan dimasing - masing lingkungannya.

Terlebih, dikemas dalam patroli dialogis, petugas turur membuka ruang diskusi menyerap informasi sebagai dasar langkah - langkah disesi berikutnya. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"