Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 19 Januari 2023

Pemkab Blora Fokus Infrastruktur dan Ekonomi Kerakyatan Di Tahun 2024

BLORA, SNN.com - Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si menandaskan, di tahun 2024 arah pemerintahannya masih fokus infrastruktur. Selain juga fokus membangun ekonomi kerakyatan.
 
Hal itu disampaikan di sela-sela acara Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora tahun 2024, yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, di ruang rapat Kantor Bappeda, Kamis (19/01/2023).
 
"Pembangunan infrastruktur masih menjadi fokus kita karena target kita untuk mengurangi jalan-jalan rusak di Kabupaten Blora. Lain daripada itu, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kita fokuskan dengan ekonomi kerakyatan," ucap Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu.
 
Ekonomi kerakyatan, lanjutnya, dijadikan sebagai tema pembangunan kabupaten Blora tahun 2024 yang didukung SDM yang berdaya saing.
 
Dikemukakan, ekonomi kerakyatan yang didukung SDM yang berdaya saing adalah tema besar Pemkab Blora di 2024. Untuk menunjang itu harus ada pemerataan kualitas sarana prasarana dan pelestarian lingkungan hidup. Selain juga pengembangan potensi sumber daya ekonomi dan investasi daerah dan pemantapan SDM. 
 
Beberapa hal yang ditargetkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), lanjutnya,  pertumbuhan ekonomi  3 - 5 persen,  tingkat inflasi 2,5 - 6 persen, persentase kemiskinan 10,84 persen, IPM 69,64, tingkat pembangunan infrastruktur 86,79 persen dan indeks pembangunan gender 84,04.
Di acara yang  diharapkan dapat menampung usulan guna menyempurnakan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah 2024 itu, Bupati Arief juga menyampaikan  arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 di SICC, Bogor, Selasa lalu.
 
Arahan dimaksud adalah,  terkait pengendalian inflasi, menurunkan angka kemiskinan dan stunting, kemudahan investasi daerah dan reformasi birokrasi. Acara Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Blora tahun 2024A tersebut dihadiri secara daring maupun luring oleh Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Asisten II, Asisten III.

Selain itu juga dihadiri  anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Blora, Kepala Dinas se-Kabupaten Blora, Camat se-Kabupaten Blora, perwakilan perguruan tinggi, Lembaga swadaya masyarakat, serta perwakilan tokoh masyarakat. 

Reporter : Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"