Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 19 Januari 2023

Serma Saadi Galang Warga Batur Normalisasi Parit Cegah Banjir

Probolinggo, SNN.com - Hujan deras yang mengguyur sebagaian besar wilayah Gading akhir –akhir ini semakin rutin. maka Serma Saadi bersama warganya binaanya berusaha untuk mempersiapkan segala sesuatunya berkaitan kemungkinan negatif yang ditimbulkan akibat musim penghujan, salah satu upaya tersebut adalah normalisasi parit yang akan dilakukan disepanjang jalan desa batur Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo.Kamis (19/1/23).

Dalam kegiatan tersebut sekira 30 warga Desa Batur hadir untuk membersihkan parit yang sudah rimbun ditumbuhi rumput liar dan tertutup tanah hingga tak terlihat bila ditempat tersebut adalah parit yang bila musim hujan merupakan jalan aliran air menuju sungai utama. Bermacam sampah dan juga endapan pasir dan lumpur yang mengganggu kelancaran laju air terutama saat musim hujan tak luput dari sasaran pembersihan.

Dengan menggunakan cangkul dan alat seadanya, Serma Saadi bersama masyarakat mengeruk serta mengangkat endapan lumpur dan sampah yang sudah bertahun tahun mengendap di dasar sungai sehingga menghambat aliran air di sungai.

"Normalisasi parit ini sangat penting karena berfungsi untuk menyalurkan air kepersawahan selain ke sungai utama yang menuju muara". Ucap Serma Saadi Babinsa Desa Batur 

Kapten Kav Joko Samakta Danramil 0820/ 23 Gading menambahkan, bahwa kegiatan tersebut digagas untuk memberikan motifasi kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan.

"Tentu dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat lebih tergugah untuk memelihara dan menjaga lingkungan dan menjaga semangat gotong-royong yang tentunya akan memberikan dampak positif kedepanya" pungkas Kapten Kav Joko Samakta Danramil 0820/ 23 Gading.

Sementara Sarkawi yang merupakan tokoh pemuda di Desa batur, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pak Saadi yang telah berinisiatif dan mengajak mengadakan karya bakti membersihkan parit di Desanya. Pungkas Sarkawi. (Fabil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"