Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 16 Januari 2023

TNI Angkatan Laut Gelar Upacara dan Tabur Bunga di Mako Lanan Aru Peringati Hari Dharma Samudra

Kepulauan Aru, SNN.com - Guna mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya dalam peristiwa Pertempuran Laut Aru tanggal 15 Januari 1962, 
TNI Angkatan Laut melaksanakan Upacara Ziarah dan tabur bunga di Markas Utama Pangkalan TNI AL (Mako Lanal) Aru, Senin (16/1/ 2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga.
Komandan Upacara, Danden Pom Lanal Aru, Kapten Laut (PM) Ahmad Nurfadilah. Perwira Upacara, Pasminlog Lanal Aru, Letda Laut(S) Ruji Arifin.

Pantauan Sorot Nuswantoro News.com di Mako Lanal Aru, Acara diawali dengan pembacaan sejarah pertempuran Laut, penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, pembacaan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, pelarungan karangan bunga dan penghormatan terakhir kepada para arwah pahlawan.

Usai pelaksanaannya, Danlanal Aru, Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, S.Sos., M.A., CHRMP. mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud penghormatan kita kepada para pejuang dan tokoh TNI Angkatan Laut yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya untuk kejayaan bangsa dan negara dalam berbagai peristiwa pertempuran Laut yang terjadi sejak Negarq Kesatuan Republik Indonesia  diproklamasikan.
Peristiwa pertempuran Laut yang sangat heroik diantaranya pertempuran di Selat Bali (4 April 1946), Diperairan Teluk Cirebon (5 Januari 1947), Diperairan pulau Sapudi (13 April 1947), Diperairan Teluk Sibolga (12 Mei 1947) Di pelabuhan Balikpapan (28 April 1958), Diperairan Morotai (18 Mei 1958) dan pertempuran Laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962. Mereka rela mengorbankan jiwa raganya demi menjaga keutuhan bangsa dan negara yang kita cintai ini. 

"Saya berharap, melalui momen ini jiwa patriot nasionalisme para pejuang kita patut dijadikan contoh bagi generasi muda untuk dapat menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan dan jiwa patriotisme generasi penerus dengan cara menyiapkan diri sebaik mungkin untuk kobarkan semangat kejuangan guna mewujudkan kejayaan masa depan bangsa Indonesia., pungkas Danlanal.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"