Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 22 Maret 2019

Pastikan Bantuan Tepat Sasaran, Wabup Tuban Monev Alsintan

Tuban,sorotnuswantoronews.com - Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si melaksanakan montoring dan evaluasi ( monev ) bantuan alat mesin pertanian ( Alsintan ) di Kecamatan Singgahan dan Parengan, Selasa ( 19/03/19 ). Pada kesempatan ini Wabup di dampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Murtadji, Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Penataan Ruang ( PUPR ) Edi Kartono serta Kabag humas dan protokol Setda, Rohman Ubaid.

Sebelumnya kegiatan monev yang sama telah di lakukan di wilayah Kecamatan Rengel, Soko, Widang, Plumpang, dan Palang serta di rencanakan akan di laksanakan di semua Kecamatan Se - Kabupaten Tuban. Menurut Wabup, kegiatan monev ini di lakukan untuk memastikan bantuan alat - alat mesin pertanian yang di berikan oleh Pemerintah kepada Kelompok Tani ( poktan ) maupun gabungan kelompok tani ( gapoktan ) telah tepat sasaran, tepat guna, dan bermanfaat untuk petani." Dan yang paling penting, dengan kegiatan monev ini, kita ingin memastikan bahwa tidak ada bantuan Alsintan yang nganggur atau bahkan di jual,’’ terang Wabup.

Dari hasil monev di sejumlah Kecamatan tersebut, Wabup bersyukur tidak menemukan adanya bantuan yang di selewengkan ataupun dijual dan bahkan mendapat banyak masukan dari para petani. 
Menurutnya, bantuan alsintan, baik yang bersumber dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian ( Kementan ), Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Tuban masih dapat di manfaatkan dengan baik oleh petani.‘’ Alhamdulillah, kita melihat bantuan yang di berikan telah tepat sasaran, tetapi memang ada di beberapa tempat yang belum secara optimal dapat di pergunakan karena kondisi alamnya yang tidak cocok dengan bantuan yang di dapat,’’ paparnya.

Wabup menambahkan bahwa bantuan alsintan ini sangat membantu petani dalam mengolah lahan pertanian yang ada di masing - masing poktan. Bantuan traktor misalnya, kini proses dalam mengolah tanah semakin cepat dan optimal di banding saat membajak sawah dengan menggunakan sapi. Begitu juga dengan bantuan transplanter ( alat menanam padi ) dan combine harvester ( alat pemanen padi ). Kini, dengan adanya bantuan alat modern tersebut, proses menanam dan memanen padi semakin mudah dan cepat, apalagi melihat kondisi saat ini di mana anak muda banyak yang enggan menjadi petani.


‘’ Harapannya, dengan adanya bantuan alsintan ini, kesejahteraan petani semakin baik. Dengan hasil pertanian yang semakin meningkat, sehingga ketahanan pangan bisa betul - betul terjaga,’’ jelas Wabup dua periode ini.

Selain itu wabup juga menyampaikan bahwa, kegiatan ini di lakukan untuk mengetahui secara detail setiap persoalan yang di alami petani secara riil.

Sehingga, bantuan yang akan di berikan kepada petani bisa tepat sasaran dan tepat guna.‘’ Kedepan, di harapkan bantuan untuk petani akan terus dapat kita tingkatkan. Kebutuhan pupuk dan bibit juga akan kita cukupi, sehingga produksi pertanian kita semakin meningkat,’’ pintanya.

Pada setiap Monev yang di kemas dengan dialog yang komunikatif antara Wabup dengan Petani ini, Selain Camat, hadir pula Kordinator dan Penyuluh Pertanian, Poktan, Gapoktan, dan Pokja Alsintan di Setiap Kecamatan.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"