Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 04 Maret 2019

Sinergitas CSR dan Program Pemda Ditekankan Oleh Sekda Tuban

Tuban, sorotnuswantoronews.com - Sekretaris Daerah, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., membuka kegiatan Koordinasi Forum CSR Kabupaten tahun 2019 di Kantor Pemkab Tuban, Senin ( 04/03/2019 ).

Hadir pada kegiatan ini, Kepala Bappeda Tuban; Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan; serta 80 perwakilan perusahaan di Kabupaten Tuban.

Sekda Budi Wiyana menyampaikan, kegiatan ini menjadi medium koordinasi dan sinergitas antara Pemkab Tuban dan perusahaan terkait pelaksanaan program Corporate Social Responsibility ( CSR ). Hal ini menjadi langkah awal penyelarasan antara program CSR perusahaan dengan program prioritas Pemkab Tuban.

Selain itu, sebagai wahana untuk mengevaluasi program csr tahun lalu. Pada tahun lalu program CSR kurang optimal karena belum maksimal bersinergi.

Mantan Kepala Bappeda Tuban ini menambahkan,  program CSR merupakan tanggung jawab sosial bagi perusahaan wajib di lakukan. Mesti demikian, Pemkab tidak membatasi ranah program CSR perusahaan. Program CSR tersebut dapat bersifat fisik maupun bersifat pemberdayaan masyarakat  yang menyentuh sektor ekonomi, pendidikan, dan sosial.

Lebih lanjut, program CSR mampu melahirkan simbiosis mutualisme atau hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan masyarakat. Melalui CSR, Masyarakat dapat merasakan dampak positif dan ikut merasa memiliki perusahaan tersebut. Hal ini penting guna keberlangsungan perusahaan.

" Tidak hanya di wilayah ring satu perusahaan, tapi dapat di perluas ke beberapa wilayah lain di Tuban," terang Budi Wiyana.


Pasca koordinasi ini, di harapkan lahir terobosan baru yang dapat mendukung peranan perusahaan perusahaan dan bersinergi dengan Pemkab Tuban dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Bumi Wali. Dia menginstruksikan agar  program CSR yang telah di lakukan perusahaan dapatnya di publikasikan kepada masyarakat.

Melalui cara itu  masyarakat dapat mendukung keberadaan perusahaan. Tujuan akhirnya untuk memajukan Daerah Kabupaten Tuban yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pada tahun 2018 perusahaan yang telah melaporkan program CSR sebanyak 30 perusahgaan dengan realisasi anggaran mencapai Rp. 35.198.412.797.  Adapun proporsi peruntukan dana CSR tahun 2014 - 2018 terdiri atas ekonomi, pendidikan, kesehatan, fisik/Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ), dan bentuk lainnya.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"