Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 06 Maret 2019

Warga Desa Balun Lamongan Memeriahkan Pawai Ogoh Ogoh

Lamongan, sorotnuswantoronews.com - Warga Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Propinsi Jawa Timur meriahkan pawai Ogoh-ogoh menyambut hari raya nyepi umat hindu sore ini, rabu (06/03/2019).

Acara pawai Ogoh-ogoh ini dibuka oleh Bapak Adi Wiyono selaku pengurus Pura Sweta Maha Suci Desa Balun, tampak hadir dalam acara tersebut Kapolsek Turi, Danramil Turi, Kepala Desa Balun serta Kepala Dinas Pariwisata Lamongan.

Pawai Ogoh-ogoh dengan berbagai bentuk diarak mengelilingi desa tersebut dan berakhir kembali ke pura kemudian dilakukan pembakaran Ogoh-ogoh sebagai wujud pemusnahan sifat angkara murka manusia.


Tidak hanya umat hindu, acara ini juga disambut hangat umat islam dan kristiani yang turut menbantu pembuatan Ogoh-ogoh selama 3 bulan ini dengan kesadaran sendiri sebagai wujud toleransi antar umat beragama di lingkungan desa Balun tersebut.

"Hari raya nyepi tahun ini bertemakan sukseskan pemilu 2019, "jelas Adi Wiyono


Harapannya pemilu 2019 terwujud dengan damai dan sukses. Menurutnya Ogoh-ogoh dibuat sebagai pelengkap peringatan hari raya nyepi dan memiliki pesan khusus bagi masyarakat.

"Ogoh-ogoh merupakan lambang angkara murka manusia, dengan bercermin pada Ogoh-ogoh itu mengingatkan kita untuk bisa mengendalikan angkara murka, maka terakhir pawai nanti Ogoh-ogoh akan kita bakar untuk memusnahkan sifat angkara murka manusia" tandasnya.

Reporter : Ida Dwi Rakhmah
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"