Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 28 Maret 2019

Perti Sumber Sendang Widodari Bentuk Kearifan Lokal Wujud Syukur.

GUNUNGKIDUL, sorotnuswantoronews.com - banyak kearifan lokal yang masih di pertahankan sebagai warisan budaya dari para leluhur sebagai bentuk syukur kepada Sang Pencipta Alam Semesta. Namun di era globalisasi dan millenial ini tak banyak orang yang paham tentang kearifan lokal sebagai warisan budaya sebagai bentuk pemersatu rasa cipta dan karsa  masyarakat jawa, demikian tutur Verry Briliyanto Rois abdi budaya dari Rejosari Karangmojo.

Verry Briliyanto salah seorang Rois abdi budaya sa,at perti Sumber Sendang widodari di gunung bang Padukuhan Rejosari Desa Ngawis Kecamatan Karang mojo pada (28/3/2019) mengatakan sebelum pelaksanaan ekror perti sendang widodari" bahwa kearifan lokal adalah bentuk Roso, pengertian tentang Roso adalah Ros- rosing (Rasa ruas-ruasnya).

Roso adalah alat untuk hidup dan ruas-ruasnya (ros-rosing roso) adalah penggalan-penggalanya yang di beri nama, artinya rasa begini, ada rasa begitu ( asin, manis, pahit, dingin, panas dan lain-lain) dan itu semua adalah termasuk dalam rasa seutuhnya (roso sejati). Roso sejati adalah rasa tidak dapat berubah.

Ruas-ruas dari rasa itu semua tadi akan lengket menempel di badan halus maupun badan kasar kita. Ruas-ruas rasa yang lain seperti, kerasaan, kesepian, cinta, dendam, bahagia, itu juga merupakan bagian dari rua-ruas rasa yang akan menempel pada hati (perasaan).

Verry briliyanto rois abdi budaya juga salah satu Caleg dari salah satu partai ini menambahkan, bahwa budaya perti sumber sendang widodari ini adalah bentuk syukur umat manusia kepada Sang Pencipta, sebab sebelum jaman maju, sendang widodari ini merupakan sumber air satu-satunya di padukuhan ini, air adalah sumber kehidupan bagi umat manusia tanpa air manusia tidak akan hidup tentunya, kenapa di namakan sendang widodari konon karna sumber ini tidak pernah kering di karnakan konon banyak bidadari yang singgah di sumber ini, ingat, ini merupakan kearifan lokal," pungkas Verry.

Kemudian acara perti sumber sendang widodari ini setelah selesai ikror di lanjutkan dengan do,a bersama yang di pimpin dukuh Padukuhan Rejosari Ngawis Warjono.

Reporter : Supriyanto
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"