Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 24 Maret 2019

Pengrajin Genting Sleman Mendukung Kebujakan Ekonomi Pemerintah

Sleman, sorotnuswantoronews.com - Industri kecil mempunyai peranan yang penting dalam penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten Sleman mempunyai berbagai macam jenis industri kecil, salah satu diantaranya adalah industri kecil kerajinan genteng. Industri kecil kerajinan genteng di Sleman mempunyai pengaruh dalam penyerapan tenaga kerja, dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pengusaha genteng, Suroto mengatakan pengolahan industri genteng di wilayah Godean Kabupaten Sleman Yogyakarta memang telah ada sejak era penjajahan Belanda silam, sekira 1930 an, yang banyak menyerap tenaga kerja diwilayah sleman.

"Hal ini bisa dilihat dari jumlah pengrajin yang bernaung di sepuluh asosisasi paguyuban pengrajin genteng sembada manunggal" ujar Suroto, Sabtu (23/3/2019).

Sementara produksi genteng tanah Slemen di pasarkan ke wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur maupun Jakarta, kata Suroto.

Suroto, yang merupakan wakil ketua asosiasi Perajin Genteng Godean Sembada Manunggal, menyampaikan "Kondisi saat ini pengrajin genteng sangat memerlukan kebijakan pemerintah dalam kendala yang dihadapi pengrajin genting masih seputar masalah klasik diantaranya akses permodalan, pemasaran serta pendampingan dan perlindungan usaha ditengah persaingan kehadiran produk genteng modern yang juga menggerus genteng berbahan tanah meskipun tidak terlalu signifikan," papar Suroto.

Kami sebagai pengrajin senantiasa mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam mengurangi angka pengangguran dengan merekrut tenaga kerja warga sekitar yang tidak terikat kerja di sektor formal, "pungkasnya.

Reporter : Syailendra
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"