Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 04 Maret 2021

Bupati Aru Launching Pelayaran Perdana KMP Satya Kencana II


Kepulauan Aru, SNN.com - Bupati Kepulauan Aru, dr Johan Gonga meresmikan pelayaran perdana KMP Satya Kencana II diatas Dermaga Marlasi, Kecamatan Aru Utara, Selasa (2/3/2021).

KMP Satya Kencana II dari kementrian perhubungan itu diioerasikan dengan rute  Dobo - Marlasi Kecamatan Aru Utara.

Bupati Johan Gonga Pada lounching perdana tersebut mengingatkan kepada masyarakat yang akan menggunakan jasa pelayaran KMP Satya Kencana II, untuk tetap mengedepankan Protokol Kesehatan karena, Kabupaten Kepulauan  Aru saat ini dikategori masuk zona merah Covid-19.

Bupati Johan Gonga juga berharap, dengan dioperasikan KMP Satya Kencana II maka akan menjawab keterisolasian pelayaran dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kepulauan Aru.

“Yang paling penting, saya harap masyarakat bisa  bersama - sama menjaga dan merawat kapal ini, sehingga nahkoda dan Anak Buah Kapal (ABK) tetap kerasan melayani pelayaran dari Marlasi ke Dobo," harap Bupati Johan Gonga.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Edwin Pattinasarany dalam laporannya mengatakan, Sejak tahun 2017 melalui Dinas Perhubungan,  Pemerintah Kabupaten Kepulauan  Aru melaksanakan program pelayanan jasa angkutan laut reguler dan dapat melayani 54 titik singgah.

Namun berdasarkan data penumpang, pelayanan tersebut terus mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2019 terjadi peningkatan penumpang sebesar 38,04 persen. 

Data tersebut menunjukkan, bahwa dari total jumlah penumpang 23.079 orang maupun barang pada tahun 2019, didominasi oleh penumpang pada wilayah Aru Selatan dengan jumlah 12.621 orang atau 55 persen.

Kemudian Wilayah Aru Tengah dengan 7.810 orang atau 34 persen, sisanya 2.648 orang atau 11 persen pada wilayah Aru Utara. Berdasarkan data ini, maka dapat dirumuskan permasalahan transportasi yakni, pelayanan angkutan penyeberangan hanya menggunakan 1 armada yakni KMP Lobster yang melayani 4 lintasan.

“Ketergantungan pada 1 armada saja, maka lintasan Dobo-Benjina, Dobo-Tabarfane dan Dobo-Lamerang dioperasikan apabila kapal KMP Lobster telah tiba di Dobo, sementara jumlah penumpang maupun barang yang menggunakan angkutan laut ini sangat tinggi,” tuturnya.

Untuk itu kata dia, pemkab menambah kapal penyeberangan dengan home base di Dobo dan hanya melayani lintasan penyeberangan di Kabupaten Kepulauan Aru, menambah lintasan baru yakni Dobo-Serwatu di Aru Selatan, Dobo-Koijabi di Aru Tengah Timur dan  Dobo-Marlasi di Aru Utara.

Harapannya, dengan bertambahnya lintasan baru tersebut dan dioperasikan secara rutin, maka transportasi perpindahan orang, membuka jalur perdagangan, peningkatan ekonomi dan distribusi logistik pada wilayah Kabupaten Aru akan berjalan merata.

Reporter : Nus Yerusa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"