Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 18 Oktober 2021

Bupati Blora Gelar HCTPS Sedunia


Blora, SNN.com - Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia Tahun 2021 diperingati Pemerintah Kabupaten Blora dengan menggelar kampanye cuci tangan pakai sabun secara serentak, Senin (18/10/2021). Pelaksanaan dilakukan di setiap Kecamatan, dan sekolah.

Sedangkan Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., mengikuti kampanye gerakan CTPS di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati bersama anak-anak SDN Kauman. Turut hadir Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Hj. Ainia Sholichah SH, M.Pd.Aud, M.Pd.BI, Kepala Dinas Kesehatan dan segenap pengurus PKK Kabupaten Blora.

Dalam kesempatan itu Bupati menyempatkan diri mengajak anak-anak untuk belajar dan membiasakan mencuci tangan pakai sabun dalam kehidupan sehari-hari guna menjaga kesehatan tubuh.

“Cuci tangan memang dianggap mudah,namun pada hakikatnya ada langkah-langkah yang harus dipahami. Ini sangat penting untuk memproteksi tubuh kita dari potensi masuknya bibit penyakit. Biasakan cuci tangan pakai sabun sebelum dan setelah beraktifitas sehari-hari,” ungkap Bupati.

Pihaknya menyadari bahwa akhir-akhir ini kebiasan cuci tangan meningkat seiring adanya pandemi Covid-19. Namun peningkatan ini menurutnya masih terus ditambah dengan edukasi masyarakat yang lebih mendalam tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun.

“Jika cuci tangan ini bisa menjadi kebiasaan positif setiap individu di Kabupaten Blora, pasti semuanya akan lebih sehat dan terhindar dari ancaman penyakit yang diakibatkan bakteri, virus atau kuman kotoran yang menempel pada tangan,” tambah Bupati.

“Oleh karena itu, pada peringatan Hari CTPS kali ini ayo kita ajak anak-anak kita untuk mulai membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun. Kedepan akan kita minta Dinas Pendidikan bisa bekerjasama dengan beberapa stakeholder terkait untuk mengadakan peralatan cuci tangan di setiap sekolah untuk melindungi anak-anak kita,” pungkas Bupati.


Dalam kegiatan itu juga dilakukan tanya jawab dengan para siswa/murid yang mengikuti kegiatan kampanye CTPS.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edi Widayat, S.Pd., M.Kes., MH., menerangkan bahwa pada tahu 2019 perilaku cuci tangan pakai sabun baru dilakukan oleh 55 persen masyarakat Kabupaten Blora.


“Sedangkan pada pertengahan 2021 kemarin angka perilaku cuci tangan pakai sabun mengalami peningkatan menjadi 75 persen. Ini banyak dipengaruhi oleh adanya pandemi. Namun demikian ini belum cukup, kita harus terus membudayakan gerakan CPTS ini hingga ke pelosok kampung dan desa-desa. Semoga ini bisa terus dilakukan guna menjaga kesehatan bersama,” terangnya.

Kegiatan kampanye CTPS ini menurutnya terselenggara atas kerjasama Dinas Kesehatan dengan TP PKK Kabupaten BLora. Pihaknya berharap PKK yang strukturnya sampai Desa bahkan Dasa Wisma bisa menjadi partner sosialisasi CPTS hingga tingkat terendah.

Reporter : Lukman
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"