Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Senin, 08 November 2021

3 Periode Menjabat Kepala Desa, Riyanto Sukses Memajukan Desa Suwatu


Grobogan, SNN.com - Dalam mendukung kelancaran akses penduduk maupun masyarakat dalam menunjang roda perekonomian di desanya yang berlokasi jauh dari perkotaan yang terletak ditengah hutan, pihak Pemerintah Desa (PEMDES) Suwatu kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan Jawa Tengah, memacu programnya dalam peningkatan pembangunan Infrastruktur fisik disetiap pelosok dusunnya terus berlangsung, "ujar Riyanto Kepala Desa Suwatu saat ditemui reporter sorotnuswantoronews.com, Senin (8/11/2021)

"Berbagai pembangunan jalan yang sudah terlaksana, pemberdayaannya yang diutamakan masyarakat Desa Suwatu bersumber Anggaran Desa dan APBD Daerah, maupun APBN Propinsi maupun Pusat. Beliau menyampaikan "Syukur Alhamdulillah semua program Desa sudah terlaksana sekitar 75 %" katanya.

Dalam kesempatan yang sama dalam penyampaiannya, untuk melengkapi sarana dan prasarana sekaligus untuk meningkatkan semua pelayanan kepada seluruh masyarakat, Pihak Pemerintah Suwatu membangun Balai Desa secara bertahap, yakni selama 2 tahun bersumber dari ADD namun belum selesai, dikarenakan sangat terbatasnya Anggaran ADD di tahun 2021, inshaa Allah ditahun ini juga adanya penambahan pengisian perangkat Desa.

"Oleh karena itu pihak desa bersama lembaga yang ada melalui Musdes memutuskan untuk keduanya dapat terealisasi, walaupun masih banyak infrastruktur lainnya memerlukan perhatian, "tambahan.

Dengan dibangunnya kantor Desa, untuk kedepannya seluruh perangkat maupun lembaga desa yang lainnya akan memiliki ruang kerja masing-masing. Sehingga akan diharapkan mampu untuk mendedikasikan diri lebih baik lagi, termasuk dapat pula mendongkrak semangat kerja dengan dukungan sarana maupun prasarana yang cukup memadai.

"Mudah-mudahan dengan ruang kerja yang nyaman mampu menciptakan ide maupun gagasan demi kemajuan Desa Suwatu dimasa Depan" ujar Riyanto.


Disisi lain pula, Riyanto menyampaikan, bahwa lokasi desanya sulit terjangkau Signal dan maupun koneksi internet yang memadai, sehingga masyarakat desa Suwatu saat ini masih belum dapat menikmatinya secara maksimal, hal ini disebabkan untuk Signal operator seluler membuat layanan internet kurang optimal didesa Suwatu.

Maka dengan kondisi seperti ini, pihaknya bertekad untuk memberikan layanan internet yang bisa memadai bagi warganya, dengan menggunakan jari gan internet mandiri sejenis WiFi, karena berkeyakinan bahwa jaringan internet yang bagus akan memiliki andil besar dalam upayanya meningkatkan perekonomian warganya.

Dengan penuh harapan agar Pihak Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten Grobogan bisa membantu adanya ketersediaan jaringan koneksi internet di desa Suwatu, sehingga anak-anak sekolah didesanya, tidak kebingungan mencari Signal dalam mendukung belajar daring.

Sementara para pihak ibu bisa memanfaatkannya untuk memulai usaha online selama pandemi covid-19 yang belum berakhir, disampaikan dengan penuh harap.

Lebih lanjut Riyanto menambahkan, "Sebagai jenjang Pemerintahan yang paling bawah, dalam melaksanakan upaya serius menghadapi musuh tak kasat mata yakni covid-19 ini.

Alhamdulillah juga sebagai tambahan, bahwa warganya tidak sampai ada yang terpapar covid-19 hal ini pihaknya tidak jemu jemunya untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan diseluruh desa serta memberikan penyuluhan-penyuluhan hingga kerumah rumah warga guna melakukan sosialisasi "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)".

Diakhir wawancara, Kades 3 Periode mengatakan bahwa seluruh program akan berjalan dengan baik, sangat dibutuhkannya kerjasama  yang baik dan bersinergi dengan semua pihak, Serta lembaga elemen dan masyarakat. Alhamdulillah semuanya terjalin dengan baik seta bersinergi, seiring dan sejalan. Itu semuanya bertujuan untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Reporter : R.Alex.
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"