Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Senin, 08 November 2021

TNI di Lamongan Terjun Langsung Bersihkan Tumpukan Sampah di Bendungan Dam Pintu Air Kali Plalangan


Lamongan, SNN.com - Anggota TNI jajaran  Kodim 0812/Lamongan bersama warga bergotong royong membersihkan tumpukan sampah di bendungan dam pintu air Kali Plalangan yang berada di Desa Plosowahyu Kec Turi Kabupaten Lamongan sebagai antisipasi meluapnya kembali aliran air Sungai Plalangan pasca musim penghujan. 

"Tumpukan sampah dan puing kayu bekas banjir yang menyumbat ini bisa menjadi faktor penyebab kembali meluapnya air Sungai Plalangan ke permukiman warga. Oleh karenanya, kami bersama warga dan berbagai elemen masyarakat lain bergotong royong untuk membersihkan sampah," kata Pasi Ops Kodim 0812 Lamongan Kapten Inf Bekti Suprapto saat di lokasi 

Menurutnya, kegiatan kerja bakti membersihkan sampah ini tidak hanya ditujukan untuk memperlancar aliran sungai, akan tetapi juga ditujukan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran warga agar tidak membuang sampah ke sungai.

Pasi Ops Kodim 0812 Lamongan Kapten Inf Bekti Suprapto menambahkan bahwa aliran air di Sungai Plalangan memang tidak terlalu deras jika dibanding sungai besar lain yang mengalir di Kabupaten Lamongan


Namun aliran air di sungai ini bisa meningkat signifikan jika terjadi hujan yang cukup deras. Jika ada tumpukan sampah di bagian hilir, maka akan menyumbat aliran air sehingga sungai pun meluap ke permukiman," katanya.

Kondisi tanggul sungai, lanjut Pasi Ops  juga rawan tergerus, sehingga berpotensi jebol karena ada pembelokan aliran air. "Makanya, kondisi sungai harus dijaga agar selalu bersih dari sampah," katanya. (Pendim0812/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"