Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Jumat, 17 Desember 2021

Peringatan Hari Guru Nasional Dan HUT PGRI Di Hadiri Bupati Dan Wakil Bupati Tuban


Tuban, SNN.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., hadiri puncak peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke -76 Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI ) di Graha Dwija, Kamis ( 16/12/2021 ). Pada kesempatan ini, Bupati Tuban menyerahkan trofi dan piagam penghargaan kepada sejumlah guru atas prestasi yang di raih.

Hadir pula pada kegiatan ini Wabup Tuban, H. Riyadi, SH., Kepala Kejaksaan Negeri Tuban, Suhendri, Sekda Tuban, Budi Wiyana, Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Nur Khamid, M.Pd., Ketua PGRI Tuban, Witono, M.Pd., dan anggota PGRI dari 20 Kecamatan.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan Pemkab Tuban terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru terutama honorer. Pemkab Tuban intens berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Nasional perihal rekrutmen CPNS maupun PPPK. Kesempatan itu hendaknya dapat di manfaatkan guru honorer agar dapat meningkatkan kesejahteraan guru. 

Pembangunan di Kabupaten Tuban, lanjut Bupati, menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat, termasuk guru. Insan pendidikan menjadi salah satu ujung tombak peningkatan Indeks Pembangunan Manusia. Pembangunan bidang pendidikan harus di kaji secara holistik. Pembahasan pendidikan harus di pandang dari berbagai aspek mulai dari perencanaan, sarana, prasarana, pendanaan maupun pengembangan SDM.

Mas Bupati menerangkan pengembangan pendidikan di Kabupaten Tuban di arahkan agar dapat mengoptimalkan potensi Kabupaten Tuban. Selain itu, juga selaras dengan program pembangunan yang telah di susun. 

Dinas Pendidikan, PGRI Tuban dan lembaga pendidikan diminta agar dapat mengembangkan soft skill siswa, baik melalui kurikulum pendidikan maupun kegiatan ekstrakurikuler. Tujuannya, agar siswa tidak hanya menguasai akademik, tetapi juga di bekali kemampuan teknis.“ Seperti public speaking, fotografi, penguasaan bahasa asing, maupun kompetensi lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Tuban, Witono, S.Pd., M.Pd., mengatakan PGRI sebagai rumah belajar dan rumah yang nyaman bagi semua anggotanya. PGRI adalah mitra strategis Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam memajukan pendidikan, dan menyelesaikan berbagai persoalan pendidikan dengan arif dan bijaksana agar tercapai sinergi yang optimal untuk mencapai pendidikan nasional bermutu untuk Indonesia unggul.

Witono menambahkan PGRI berkoordinasi kepada para penentu kebijakan untuk terus memperhatikan tenaga honorer, terutama terkait dengan kesejahteraan dan kepastian status dengan pemberian afirmasi yang berkeadilan dalam perekrutan guru ASN PPPK, melalui PGRI Provinsi.

Memfasilitasi honorer dengan pemetaan formasi PPPK untuk seleksi ASN PPPK tahap II
Sekretaris Dinas Pendidikan Tuban ini menjelaskan pengembangan SDM guru untuk meningkatkan mutu pendidikan selaras dengan program peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Tuban, Pengurus dan anggota PGRI di semua tingkatan bahu membahu merespon perubahan dengan berbagai kegiatan saling belajar dan saling memberi.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"