Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Jumat, 17 Desember 2021

Varian Omicron Terdeteksi, Presiden Jokowi Berikan Arahan Kepada Seluruh Pejabat Daerah


Lamongan, SNN.com - Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf mengikuti video konferensi pertemuan arahan Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) terkait telah terdeteksinya varian Omicron di Indonesia, Kamis (16/12). Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan sehingga tidak terappar oleh varian baru Covid-19 ini.

"Jangan lengan dan seluruh rumah sakit mohon disiapkan, cek ketersediaan oksigen, cek ketersediaan obat dan WHO telah menyampaikan bahwa varian omicron sudah hampir ke semua negara," katanya.

Menurutnya, ditemukan varian omicron di Indonesia ini memang tak terelakan karena karakter penulurannya sangat cepat. Menghadapi hal itu, Presiden meminta pada semua pihak baik pemerintah dan masyarakat untuk tidak lengah dalam hal protokol kesehatan meski kondisi di tanah air saat ini masih terkendali.

"Tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan untuk pemerintah daerah saya minta agar testing dan tracing kontak erat digencarkan lagi ditingkatkan lagi," ujarnya.

Presiden Jokowi juga menekankan untuk mempercepat vaksinasi sehingga dapat mencapai target.


Laju vaksinasi, menurutnya, mengalami penurunan dalam 6 minggu terakhir yang mana biasanya bisa di atas 2 juta namun, menurun menjadi 1 juta per tangga 6-12 desember. 

"Bahwa di akhir tahun harus menjadi 70% dosis pertama, ada 20 provinsi yg dosis pertama masih dibawah 70%, ada 369 kabupaten kota yg masih dibawah 60%, ini mohon diperhatikan betul - betul agar warga bisa terhindar dari corona varian lama maupun versin omicron," jelasnya.

"Stock vaksin 160juta di indonesia, utamakan vaksinasi untuk lansia, 14 des mulai vaksinasi anak 6-11 tahun." imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengkonfirmasi bahwa virus corona tipe baru varian Omicron terdeteksi di Indonesia dalam konferensi pers secara daring, Kamis (16/12).

Reporter : Zainal A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"