Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 04 April 2022

Pak Yes Ingatkan OPD Untuk Inovatif dan Solutif


Lamongan, SNN.com - Hari pertama kerja di bulan Ramadhan 1433 H tahun 2022 Bupati Lamongan Yuhronur Efendi melakukan konsolidasi  bersama kepala OPD di lingkup Pemkab Lamongan dengan menggelar coffee morning bersama kepala OPD, Senin (4/4) di ruang gajahmada Pemda Lamongan . 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Yuhronur Efendi  mengingatkan kepada seluruh kepala OPD untuk bekerja dengan inovasi-inovasi juga solutif untuk keluar dari permasalahan yang  dihadapi. Pak Yes mengingatkan  hasil LKPJ tahun 2021 yang mana anggaran semakin melonjak tinggi tetapi pendapatan berangsur menurun salah satunya akibat faktor pandemic, karenanya Pak Yes (sapaan akrab Bupati Yuhronur ) mengajak seluruh Kepala OPD untuk tetap solutif membuat inovasi-inovasi yang efektif.

"Ritme kinerja harus dijaga ditengah kondisi pandemi. Pendapatan yang terus menurun diLKPJ, sedangkan kebutuhan kita naik. Maka diperlukan inovasi yang tidak banyak biaya tapi berkualitas," tutur Pak Yes.

Pak Yes menambahkan, OPD yang bertugas menangani kebangkitan ekonomi agar  mempergunakan momentum ramadhan ini sebaik mungkin. Menurut Pak Yes, Ramadhan merupakan  momen yang tidak boleh terlewat , gerakan ayo beli produk Lamongan diperlukan untuk membangkitkan ekonomi dan UMKM. 

“Frekuensinya harus digiatkan dan di tingkatkan agar bergairah, memalui penjualan takjil dan lainnya. Demikian juga dengan Operasi pasar yang sudah terprogram harus terus dijalankan terutama di bulan ramadhan," tegas Pak Yes.


Pak Yes  berharap, kegiatan-kegiatan yang sudah masuk dalam perencanaan juga diharapkan dapat ditindak lanjuti dalam bulan ramadhan tahun 2022, itu berpotensi menggairahkan kebangkitan ekonomi Lamongan.

"Untuk kegiatan kebangkitan ekonomi, pameran ramadhan, bazaar ramadhan sudah banyak direncanakan mungkin bisa ditindak lanjuti mungkin bisa menambah gairah pertumbuhan ekonomi," ujar Pak yes. 
Pada kesempatan tersebut Pak Yes juga mengingatkan agar  ada peningkatan Universal Health Coverage (UHC) dari angka 74,05% mencapai taraf 100%. 

"Dengan BPJS kita bisa gunakan untuk coverage. Itu memberikan jaminan ketenangan, jadi mari bersama-sama menyadarkan masyarakat terhadap jaminan kesehatan, asuransi kesehatan. Targetnya 100% kita bergerak sejak tahun lalu," ungkap Pak Yes.

Pemerintah, kata Pak Yes menjadi tokoh yang selalu hadir di tengah masyarakat yang semakin modern, karenanya pemerintah diminta menyelaraskan dengan aktif bersosial media. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam hal positif dengan cara membanjiri informasi-informasi positif berisi kegiatan kinerja pemerintah.

"Yang perlu dipahami oleh OPD bahwa sekarang ini harus mengenali medsos. Kita harus tau kepentingan medsos karena kita ini pemerintah. Kita harus membanjiri dengan berita berita bagus. Kita harus membuat keseimbangan kepada masyarakat bahwa kita telah melakukan kerja aktifitas kita, tunjukkan bahwa kita punya inisiatif menuju yang terbaik," terang Pak Yes.

Menyongsong hari raya Idul Fitri  Pak Yes berpesan, para OPD diharapkan hadir ditengah masyarakat untuk menyuarakan dan memberikan edukasi bahwa pentingnya protokol kesehatan, meskipun konteks pandemi tengah landai.

Reporter : Zaenal A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"