Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 07 April 2022

Untuk Mengatasi Tanggul Waduk Rancang yang Putus, Sementara Dibuatkan Tanggul Darurat


Lamongan, SNN.com - Tanggul Waduk Rancang di Lamongan yang jebol akibat penuhnya kapasitas waduk yang mencapai 97%. Untuk sementara dibuatkan tanggul darurat. Hal tersebut dikatakan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi pada saat sidak langsung di Waduk Rancang, pada Kamis (7/4).

“Itu yang jebol tadi kita tutup dengan tanah inysaAllah nanti bisa teratasi, karena memang lintasan kapasitas waduk ini sudah sampai 97%. Dan tekanan air yang keluar ini cukup deras,” tutur Pak Yes

Tanggul Waduk Rancang yang berukuran, panjang: 3 m, lebar: 8 m, dan tinggi: 68 m tersebut, diperkirakan putus pada pukul: 01.30 WIB.

Akibatnya bencana tersebut, beberapa ruas jalan dan pemukiman warga di desa rencana kencono tergenang setinggi 20 hingga 50 cm. Beruntung beberapa area persawahan yang tergenang banjir telah panen dan tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

“Kebetulan disekitar sini rata-rata sawah sudah panen, sehingga mungkin untuk dampak di sawah masih bisa terkendali,” kata Pak Yes

Lebih lanjut Pak Yes menuturkan, jika tanggul embung dapat segera teratasi, maka permasalahan genangan air di jalan dan pemukiman warga juga akan terselesaikan.

“Seperti yang kita lihat tadi, kita memakai metode penggunaan bambu dulu, setelah itu kita tutup dengan tanah. Mudah mudahan kalo sudah teratasi baru yang besar ini tanggulnya nanti akan digunakkan kembali,” jelas Pak Yes

Pak Yes berharap, perbaikan tanggul tersebut tidak memakan waktu yang cukup lama dan kalau bisa dapat teratasi dalam satu hari. (Zaenal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"