Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 11 April 2022

Warga Desa Pengkol Kecamatan Tambakrejo Senang Adanya Program PTSL


Bojonegoro, SNN.com - PemDes Pengkol  Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro , Jawa Timur ada program PTSL. Melalui kantor Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional atau ATR / BPN program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) dapat mempercepat masyarakat memperoleh sertipikat.

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali , yang meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum di daftarkan di dalam suatu wilayah atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu, Melalui program ini pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang di miliki masyarakat, Senin (11/04/2022).

Awak Media sorotnuswantoronews.com. Konfirmasi Ketua PTSL, terkait  adanya Program PTSL ini, mengatakan Latar belakang program ini karena pemerintah masih menemukan banyak tanah di Indonesia yang belum disetujui atau tidak memiliki sertipikat.

Syarat program PTSL yang harus di penuhi pemohon yakni dokumen kependudukan berupa kartu keluarga , kartu tanda penduduk , surat tanah , tanda batas tanah yang terpasang , bukti setor biaya perolehan hak atas tanah dan bangunan , dan pajak penghasilan serta pemohonan atau surat pernyataan peserta .

Warga Desa Pengkol bisa bernafas lega, pasalnya program PTSL sudah masuk di desanya. Keantusiaan warga dengan program PTSL ini di sambut sangat baik oleh pemerintah desa. Dengan melalui musyawarah mufakat Kepala Desa beserta Perangkat Desa Pengkol  menetapkan Panitia sebagai berikut:

Ketua Ptsl  : Sukandar
Sekertaris  : Agus pujianto
Bendahara : Irfan zainudin

Desa pengkol cukup luas dan warganya sangat mendukung program PTSL ini . Adanya Program PTSL Tersebut Di ikuti satu wilayah desa pengkol,Dari jadwal Kuota  1004 bidang tanah. warga yang sudah mendaftarkan bidang tanahnya dan data yang sudah masuk ke panitia PTSL sebanyak kurang lebih 300 bidang. 

Kepala Desa Pengkol sebelumnya selalu menghimbau warganya agar mendaftarkan bidang tanahnya karena program PTSL ini sangat membantu mempercepat pengurusan tanah menjadi bersertipikat.

Kepala Desa dan Ketua PTSL beserta seluruh anggota PTSL dan juga Perangkat Desa Pengkol sangat berterimakasih kepada pemerintah daerah dan pemerintah pusat terkait  dengan adanya program PTSL di desanya ini , karena program ini sangat bermanfaat bagi warga desanya .

PTSL di Desa pengkol berjalan sangat lancar karena pihak pemerintah desa serta badan pengawas desa juga ikut membantu program Tersebut, "pungkas ketua PTSL. (Muri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"