Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Sabtu, 01 Oktober 2022

Belasan Kendaraan Dinas Pemkab Aru Ditemukan Dalam Kondisi Rusak Berat


Kepulauan Aru, SNN.com - Belasan kendaraan Dinas Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku ditemukan dalam kondisi rusak berat. 

Belasan kendaraan dinas Pemkab Aru diantaranya 14 unit motor roda tiga (tossa) dan dua kendaraan dinas roda dua ditemukan Tim 3 Pemeriksa Aset Daerah setempat, Selasa (27/9/2022). 

14 unit motor roda tiga (tossa) ditemukan di komplek kawasan Puncak dalam kondisi rusak berat dan siap dijadikan besi tua, sementara dua unit mobil Suzuki Escudo dan satu unit mobil lainnya berwarna silver abu-abu ditemukan di tengah-tengah pemukiman warga dan sudah tertutupi rumput.

Pantauan Sorot Nuswantoro News.com, melihat belasan unit kendaraan yang dibelanjakan menggunakan uang negara itu, Tim langsung mendokumentasikan sekaligus memeriksa satu persatu kendaraan tersebut.

Ke 14 motor Tossa proses pengadaannya sejak 2014 dan khusus didatangkan dari luar daerah. Ke 14 motor Tossa tersebut sudah dua kali berpindah tempat.

Awalnya, pihak Dinas BPLH semasa kepemimpinan Edy Gaite pernah memarkir ke 14 motor roda tiga itu di areal Taman Kota Tanjung Marbali.

Namun setelah taman kota ditertibkan karena itu adalah aset daerah dan telah dipasang papan plang Pemda yang berlogo KPK sehingga areal lokasi taman kota itu ditutup keseluruhan, motor-motor itu kemudian berpindah tempat.

Entah atas perintah siapa, 14 unit motor Tossa tersebut dipindahkan ke komplek kawasan Puncak sampai saat terlihat kini kondisinya yang sudah usang dan termakan karat. Padahal, awalnya adalah pengadaan baru dan tidak ada yang rusak. Sekarang telah menjadi besi tua.

Kepala BPKAD Kepulauan Aru Jopi Ubjaan menjelaskan pendataan aset sekaligus pemantauan ini dilakukan untuk mengetahui keberadaan aset-aset Pemda khususnya kendaraan bermotor.

“Karena ini dibiayai dengan uang daerah, uang negara, dengan demikian harus diatur sehingga tidak disalahgunakan,” jelasnya.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"