Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Sabtu, 22 Oktober 2022

Dapat Dukungan Maksimal, Kejurda Arung Jeram 2022 di 'Songa Adventure Rafting' Berjalan Lancar


Probolinggo, SNN.com - Kabupaten Probolinggo memang dikenal dengan potensi alam yang sangat luar biasa, berbagai destinasi wisata pun sudah mulai dikenal, baik itu di kancah nasional ataupun juga internasional. Tak ayal beberapa event tertentu digelar di wisata Probolinggo.

Salah satunya Kejuaraan Daerah (Kejurda) Arung Jeram Jawa Timur 2022 yang dilaksanakan selama 3 hari atau sejak Rabu (19/10/) berakhir pada Jum'at (21/10/) kemarin di Songa Rafting, Desa Condong, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo.

Perlu diketahui, lokasi Kejurda Arung Jeram 2022 kali ini, merupakan aliran dari "Songa Adventure Rafting", Desa Pesawahan, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Arung jeram di lereng Gunung Argopuro dan Gunung Lemongan ini bisa memacu adrenalin.

Beberapa keunggulan disajikan aliran “Songa Adventure” ini, di antaranya jeram sungai yang bisa membuat adrenalin memuncak. Lantaran, arus sungainya mulai dari deras hingga landai dari start hingga garis finish-nya berjarak sekitar 12 kilometer (Km).

Arung jeram ekstremnya tentu memuaskan untuk dinikmati. Di sepanjang perjalanan yang harus ditempuh kurang lebih sekitar dua jam ini, pengunjung juga bisa menikmati beberapa pemandangan yang jarang dijumpai di sektor destianasi wisata.

Di antaranya, jeram ekstrem dengan grading level kesulitan satu sampai lima, seperti jeram piramid, matador dan pandawa. Pengunjung juga bisa menikmati deras dan dinginnya air terjun tirai bidadari yang dikenal memunculkan pelangi secara tiba hingga goa kelelawar.

Sehingga, tidak menutup kemungkinan jika sudah sekali mencoba berlibur di tempat ini, dijamin bakal ketagihan dan makin penasaran ingin kembali mencoba kembali. Sehingga, tak ayal "Songa Adventure Rafting" dijadikan spot untuk perlombaan ataupun tempat berlibur.

Pada Kejurda Arung Jeram 2022 ini, diikuti oleh 10 tim peserta. Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan sambutan oleh Ketua FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia) Pusat, Ketua FAJI Probolinggo, dan Ketua KONI Kabupaten Probolinggo. 


Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan bahwa pihak kepolisian akan membantu mensukseskan pagelaran Kejurda Arung Jeram 2022. Demi menjaga keamanan peserta, pihaknya juga menyiagakan personel dari Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud).

"Kami siagakan personel dari Satpolairud Polres Probolinggo beserta anggota lainnya guna mengamankan dan melancarkan kejuaraan ini. Setiap personel kami letakkan dibeberapa titik agar dapat memberi bantuan ketika ada peserta yang mengalami kendala," kata Arsya, Sabtu (22/10/2022).

Adanya Kejurda Arung Jeram Jawa Timur 2022 ini, Arsya berharap, akan muncul atlet-atlet arung jeram yang berasal dari Kabupaten Probolinggo. Sehingga, nantinya bisa membawa dan mengharumkan nama wilayah hukumnya di ajang nasional maupun internasional.

"Harapan kami setelah kejuaraan ini, akan muncul atlet-atlet terbaik dari Kabupaten Probolinggo yang dapat mengharumkan nama daerah Kabupaten Probolinggo baik dikancah Nasional maupun dikancah Internasional," tutur Arsya.

Sementara itu, Manager Operasional Songa Adventure, Muhammad Ghozali mengatakan, jika pihaknya sangat mendukung penuh dan totalitas dalam mengawal serta mensuport Kejurda Arung Jeram Jawa Timur 2022 ini, sampai akhirnya bisa berjalan baik tanpa kendala apapun.

"Kami totalitas untuk suport sepenuhnya Kejurda Arung Jeram 2022 kali ini, agar kegiatan berjalan dengan selamat dan ancar sesuai Standar Operasional (SOP) yang kami punya dan alhamdulilah, akhirnya berjalan lancar dan sesuai harapan," ujar Oga, begitu ia disapa.

Sekedar informasi, berikut pemenang dalam kejurda arung jeram Jatim 2022 :

1. Kategori Youth Women :
a. Faji Kab Probolinggo
b. Faji Kab Blitar
c. Faji Kab Lumajang

2. Kategori Youth Men :
a. Binsus Faji Jatim
b. Faji Kab Probolingo

3. Kategori Junior Women :
a. Binsus Faji Jatim
b. Faji Kota Malang

4. Kategori Junior Men :
a. Binsus Faji Jatim
b. Faji Kota Malang

Reporter : NITRO YOGA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"