Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Senin, 10 Oktober 2022

Pasca Hujan Deras Di Sertai Angin Puting Beliung, Babinsa Karangbong Pelopori Tanggap Bencana


Probolinggo, SNN.com - Akhir-akhir ini wilayah Probolinggo kerab terjadi hujan dengan instensitas tinggi disertai angin puting beliung sehingga mengakibatkan pohon tumbang dan beberapa bangunan rumah  mengalami kerusakan di Desa Karangbong Dusun Bukol dan Desa Karangpranti Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo.minggu malam (9/10/2022)

Dengan adanya laporan warga yang ada diwilayah binaanya telah terjadi pohon tumbang beserta lumpur yang menutupi sebagian jalan, Serda Didik Sujatmiko (Babinsa Koramil 0820/15 Pajarakan) dengan sigap segera berkoordinasi dengan Polsek Pajarakan dan perangkat Desa Karangbong mengadakan Karya Bhakti pembersihan rumah dan jalan tertimpa pohon tumbang akibat puting beliung.

Pak Sukarman Salah satu warga Karangbong yang rumahnya rusak berat tertimpa pohon tumbang akibat  angin puting beliung mengucapkan terima kasih kepada Serda Didik Sujatmiko Babinsa Koramil 0820/15 Pajarakan yang merespon dengan cepat terhadap situasi dan kondisi bencana dengan melakukan aksi gotong royong membantu masyarakat.

“Terimakasih atas kesigapan terutama pak Babinsa yang begitu melihat kondisi desa binaannya langsung tanggap untuk turun membantu warga yang terkena musibah" tuturnya.

Kehadiran Serda Didik Sujatmiko yang ikut bergotong royong merupakan wujud kesiapsiagaan Prajurit TNI dalam mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya yang dialami warga pada wilayah desa binaan.

Serda Didik Sujatmiko disela-sela kesibukannya membersihkan pohon tumbang saat dikonfirmasi oleh awak media mengatakan" Kami Babinsa bersama warga melaksanakan dan membersihkan pohon-pohon yang tumbang maupun sisa-sisa sampah yang dibawa angin agar lingkungan kembali terlihat bersih dan tertata rapi kembali".

Didik Sujatmiko meminta kepada warga agar meningkatkan kewaspadaan saat turun hujan tiba yang disertai angin, dan juga meminta kepada warga untuk mengurangi dahan pohon yang masih berdiri agar beban pohon berkurang sehingga langkah ini sebagai upaya antisipasi datangnya musibah dan tak lupa kami sampaikan kepada warga apabila terjadi sesuatu hal atau musibah seperti ini segera hubungi kami para aparat pemerintah agar segera dapat dicarikan solusi dan diatasi dengan cepat. Ucapannya dengan penuh semangat.

Ditempat lain Bati tuud Koramil 0820/15 Pajarakan Pelda Sodiq menyampaikan anggota koramil lainya  di bantu warga dan Polsek serta jajaran Muspika Pajarakan melaksanakan Kerja bakti melaksanakan pembersihan Pohon tumbang karena cuaca buruk dan sudah termakan usia. “Pohon tumbang yang menutupi akses lintas jalan rjadi pada minggu petang, beruntung saat itu kondisi jalan sepi sehingga tidak ada korban,” ucap Pelda Sodiq.

Usai mengatasi pohon tumbang, Pelda Shoddiq menghimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan untuk berhati-hati dan waspada, melintas di wilayah yang terdapat pohon besar bila saat hujan tiba.tambahnya. (Pendim 0820)

Reporter : Arini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"